Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2015, 19:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT. Solo Manufacture Kreasi (SMK) selaku produsen mobil Esemka mengaku senang mendengar kabar tentang minat investasi Garansindo Inter Global (GIG). SMK mengatakan pihaknya terbuka pada antusias anak bangsa untuk memajukan industri lokal.

Direktur Teknik SMK Budi Hartono menjelaskan, saat ini pengembangan produk Esemka terus berjalan, kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia juga tidak berhenti dilakukan. Peluang kolaborasi dengan pihak lain tetap terbuka, namun dengan syarat punya kesamaan visi dan misi.

“Visi kita berjuang untuk Indonesia, bagaimana mengarah ke kemandirian ekonomi Indonesia. Esemka kepemilikannya kan jelas, jadi bukan masalah pembelian saham tetapi lebih cenderung ke profit share,” urai Budi kepada KompasOtomotif, Senin (2/3/2015).

Sebagai perusahaan dengan kepemilikan 100 persen Indonesia, GIG tertarik membantu Esemka lebih maju ke proyek pemerintah menciptakan kendaraan lokal pedesaan untuk marketshare tertentu. Pekan lalu bos GIG Muhammad Al Abdullah bahkan menyebut siap menggelontorkan dana sampai Rp 100 miliar.

Budi mengaku SMK telah mendapatkan komunikasi dari perwakilan GIG lewat percakapan telepon. Jadwal pertemuan untuk pembasan lebih lanjut telah diwacanakan. “Kalau Garansindo dan SMK masing–masing punya visi dan misi yang sama, yang jelas kita tinggal sinkronisasi saja,” ucap Budi.

Pengembangan Esemka, lanjut Budi, tetap berjalan, bantuan pihak luar bisa diarahkan untuk mempercepat proses. “Pengembangan produksi Esemka sudah berjalan, kalau ada yang mau bantu lebih cepat ya boleh saja,” kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com