Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Geneva Motor Show 2015

Evora, Tanda Kehidupan Baru dari Lotus

Kompas.com - 19/02/2015, 09:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Meski masih dipandang sebagai produsen mobil sport kompak yang lagi "mati suri", Lotus berusaha menunjukan eksistensinya. Kali ini, merek mobil asal Inggris yang kini dikuasai Proton-Malaysia itu meluncurkan Lotus Evora 400, dengan tampang lebih segar, dilansir Carscoop (18/2/2015).

Lotus menyebutnya sebagai varian baru, Evora 400 karena diklaim telah mendapat sentuhan baru pada bagian mesin tengah, 3.5 liter, V6, turbo, dengan tenaga mencapai 400 tk dan torsi 410 Nm. Jika dibandingkan model sebelumnya, Evora S, tenaga mesin ini meningkat sampai 45 tk dan torsinya juga terkerek 10 Nm.

Lotus/Carscoop Interior juga mendapat penyegaran baru dengan dominasi merah.

Dengan tenaga lebih besar, akselerasi 0-100 kpj juga diklaim lebih cepat 0,3 detik dari Evora S yang membutuhkan waktu 4,2 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 300 kpj dan ketika dites di sirkuit Hethel, Norfolk, Inggris, catatan waktu satu lap 6 detik lebih cepat dari model sebelumnya.

Menurut Lotus, "Lebih dari dua pertiga bagian dari Lotus Evora 400 merupakan barang baru."
Selain fokus pada perbaikan kinerja mesin, Lotus juga tak ketinggalan memberikan sentuhan estetika pada bagian eksteriornya. Tampilan Evora 400 terlihat lebih sporty dengan sudut-sudut bodi lebih tajam. Mobil sport kompak ini juga diklaim bobotnya lebih ringan 22 kg ketimbang model sebelumnya.

Lotus/Carscoop Desain Evora 400 terlihat lebih sporty.

"Evora 400 akan menjadi model tercepat Lotus yang pernah diproduksi, memiliki kemampuan yang hanya bisa diimbangi oleh mobil yang jauh lebih mahal. Tampilannya juga lebih sporty berpadu dengan kemampuan supercar," jelas Jean-Marc Gales, bos Lotus Cars.

Lotus berencana mulai memproduksi Evora 400 untuk pasar Eropa, musim panas tahun ini. Pengiriman unit perdana direncanakan mulai Agustus 2015, disusul Amerika Utara pada 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com