Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Batal Pasarkan Sedan Baru

Kompas.com - 03/02/2015, 13:17 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Sejak November 2013, Mitsubishi Motor Coporation (MMC) menyatakan rencananya mau memasarkan sedan baru dengan memanfaatkan pabrikmilik Renault-Nissan di Busan, Korea Selatan. Tapi, rencana ini sepertinya dibatalkan karena hasil studi kelayakan yang tidak masuk skala ekonomi.

Baik Mitsubishi maupun Renult-Nissan di Korsel, gagal berhasil mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua pihak. Menurut salah satu eksekutif perusahaan, dilansir Autonews (2/2/2015), salah satu kendala utama yang mengakibatkan proyek ini batal adalah penguatan nilai tukar won terhadap dollar AS dan yen Jepang. Kondisi ini membuat merakit mobil di Korsel jadi lebih mahal.

Juru bicara Mitsubishi mengatakan, MMC tengah mencari opsi lain untuk menyiapkan model sedan baru di portofolionya. Lancer yang sudah uzur dan Galant sudah tidak diproduksi membuat Mitsubishi wajib memiliki pilihan sedan baru.

Dalam kesepakatan itu, Mitsubishi diminta memesan model sedan dari pabrik perakitan di Korsel karena kapasitasnya belum optimal. Tapi, Mitsubishi mau model itu diekspor ke Amerika Serikat. Dengan nilai tukar yang tidak memihak, rencana ini justru berakibat ongkos produksi meningkat dan keuntungan minim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com