Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Perbedaan antara Ban Radial dan Bias

Kompas.com - 26/01/2015, 14:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada dasarnya, ban jenis tubeless (tanpa ban dalam) terbagi dalam dua jenis, bias dan radial. Tak banyak yang tahu, meski keduanya tampak serupa, namun terdapat perbedaan signifikan yang menentukan faktor kenyamanan, keamanan, dan efisiensi.

Bayu Surya, Kepala Penjualan dan Pemasaran Divisi Roda 2 Michelin Indonesia, menjelaskan bahwa perbedaan secara teknis hanya satu, yakni konstruksi. Ban radial terdapat lapisan serat nilon yang dipasang secara menyilang, sementara ban radial dilapisi serat baja lentur yang dipasang berjajar.

”Meski hanya itu perbedaannya, namun dampak yang dirasakan pengguna sangat signifikan,” tegas Bayu di sela pengenalan ukuran baru ban Pilot Street Radial untuk sepeda motor 250cc ke atas, di Jakarta (23/1/2014).

Dari perbedaan konstruksi tersebut ada tiga keuntungan lebih untuk ban radial. Bayu memilahnya sebagai berikut:

1. Saat dipakai, ban radial tertekan ke kanan-kiri (arah dinding), sehingga membuat permukaan ban yang menyentuh aspal lebih lebar. Otomatis, daya cengkeram lebih baik, terutama saat menikung. Sementara ban bias, saat dipakai ban tertekan ke depan-belakang, bukan ke samping.

2. Saat tertekan ke kanan-kiri, beban dan panas terdistribusi lebih merata. Sementara model bias, karena beban terdistribusi di tengah, panas akan berpusat di bagian itu. Alhasil, bagian yang cepat aus adalah tengahnya, tidak merata kanan serta kiri. Dengan kata lain, ban radial lebih awet penggunaannya.

3. Meski menggunakan serat baja, pada kenyataannya ban radial lebih lentur saat dipakai. Hal ini memberikan kenyamanan lebih baik, terutama saat menghajar jalan bergelombang, jalan rusak, atau lubang.

Memang, menurut Bayu, harga ban radial lebih mahal, atau dua kali lipat harga ban bias. Namun untuk pengguna, terutama pemakai sepeda motor sport, ban jenis radial akan sangat mempengaruhi performa, terutama unsur keselamatan.

”Michelin sudah memperkenalkan teknologi ban radia sejak 1946. Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun, ban jenis radial kami diproduksi berdasarkan pengalaman panjang,” terang Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com