Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Teana Menyerah di India

Kompas.com - 15/01/2015, 12:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Nissan memutuskan untuk berhenti memasarkan Teana di India mulai 2015, seperti dilansir MotorBeam (13/1/2015). Sedan menengah ini dianggap tidak berhasil bersaing dengan rival sekelasnya. Teana menjadi model ketiga yang dihentikan penjualannya oleh Nissan di India, setelah 370Z dan X-Trail, tahun lalu.

Upaya Nissan memboyong Teana dan X-Trail ke pasar domestik India gagal total. Sosok Teana kemudian hilang dari situs resmi Nissan di India tanpa pengumuman resmi. Di kelas ini Honda Accord merupakan pemimpin pasar ketika konsumen masih gemar pada mobil-mobil bermesin bensin.

Seiring berjalannya waktu, pamor mobil-mobil bermesin bensin semakin menciut karena warga India lebih menyukai diesel. Apalagi, Teana hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin bensin. Di sisi lain, rival Skoda Superb tampil gemilang karena menawarkan mesin diesel dan ukuran kabin yang lebih lapang.

Tahun lalu, Nissan hanya berhasil menjual 15 unit Teana, jauh dibandingkan Skoda Superb yang melego 1.336 unit. Beberapa model penyegaran sudah coba diluncurkan Nissan di India tetapi tetap tak mendapat respons positif dari pasar.

Sekarang, Nissan lebih fokus pada segmen mobil kompak dan terus berupaya meningkatkan kandungan lokal model-model rakitan India (CKD). Di India, Nissan Teana dipasarkan dalam dua varian, XL dan XV dengan banderol 21,03 lakh (Rp 426,8 juta) dan 24,89 lakh (Rp 505,3 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com