Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan NSX Type R

Kompas.com - 14/01/2015, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Honda bicara banyak di North American International Auto Show (NAIAS) 2015. Setelah memperkenalkan model produksi NSX, kabar baru datang dari Kepala Insinyur NSX Ted Klaus yang mengonfirmasi Honda tengah mengerjakan versi lebih kencang beremblem Type R buat generasi kedua supercar hibrida tersebut.

“Saya pikir semua pecinta mobil mau melihat versi yang bisa kita katakan ‘merah murni’. NSX selalu ‘silver’ di awal, kemudian menjadi ‘merah’. Seseorang bertanya kepada saya, kapan bisa puas? Mungkin tidak pernah. Apa yang bisa dilakukan sekarang, bisa meningkat di masa depan,” jawab Klaus ketika ditanya tentang NSX Type R oleh Auto Express, Selasa (13/1/2015).

Sebelumnya NSX terbaru dikatakan memakai mesin V6 turbo dengan kombinasi tiga motor listrik. Belum ada keterangan resmi tentang besaran tenaga tapi Klaus yakin NSX standar punya lebih dari 560 tk. Versi Type R tentu lebih bertenaga dari itu, mungkin perbedaannya bisa disimak dari modifikasi pada Civic Type R terbaru.

Saat generasi pertama NSX mulai dijual pada 1990, versi R kemudian memasuki pasar pada 1992. NSX-R dikembangkan untuk berlaga di sirkuit. Ada banyak perubahan, diantaranya bodi lebih ringan, suspensi lebih keras, tidak punya audio dan AC, serta pelek menggunakan tipe balap.

Klaus memaparkan pesaing NSX adalah Ferrari 458, Audi R8, dan Porsche 911 Turbo. Target itu cukup ambisius pasalnya NSX wajib masuk ke “klub” mobil yang bisa berakselerasi 0 – 100 kpj di bawah 4 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com