Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Shift Lock" Bermasalah, Suzuki Gelar Perbaikan Massal SX4

Kompas.com - 05/01/2015, 09:50 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Suzuki mengumumkan kampanye perbaikan massal atau lazim disebut recall buat dua modelnya, SX4 dan Kizashi di Jepang. Tercatat ada 60.000 unit mobil yang harus ditarik dari peredaran.

Seperti dilaporkan Leftlanenews, Senin (5/1/2014), pabrikan asal Jepang tersebut menyebut ada masalah pada selektor tuas transmisi di model transmisi otomatis. SX4 dan Kizashi yang terkena recall adalah keluaran produksi 2010 sampai 2013.

Shift lock pada model crossover dan sedan medium tersebut bermasalah. Kasusnya, saat kendaraan sedang diparkir dan tuas transmisi berada di posisi P (Park), tuas bisa bergeser sendiri ke posisi N (Netral) tanpa harus menginjak pedal rem.

Disinyalir, ada kerusakan pada komponen shift lock, akibat dari kombinasi dari pin pengunci yang miring dan kondisi suhu tinggi pada mesin. Situasi ini bisa menyebabkan mobil bergerak sendiri saat parkir dan berisiko mengakibatkan kecelakaan. Sampai perintah recall ini diumumkan, belum ada laporan kecelakaan atau cedera akibat masalah tersebut.

Pemilik SX4 dan Kizashi akan diminta untuk ke bengkel resmi Suzuki dan memasang ulang komponen selektor shift yang baru buat memperbaiki kerusakan. Perbaikan ini akan dimulai pada akhir Januari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com