Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki India Catat Rekor Penjualan Baru

Kompas.com - 28/12/2014, 10:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Maruti Suzuki India Limited (MSIL) bersiap mencatatkan rekor penjualan terbanyak sepanjang sejarah di India. Meski belum tutup tahun, MSIL yakin total mobil baru bermerek Suzuki terjual hingga 1,148 juta unit pada 2014, mendominasi seluruh penjualan otomotif di India yang diperkirakan menembus dua juta unit.

Angka prediksi itu sudah melebihi rekor sebelumnya yang dicatatkan pada 2010 lalu sebesar 1,06 juta unit, bahkan melampaui 13 persen dibanding prestasi 2013. Pada 2014, MSIL memperkirakan meraup 45 persen pangsa pasar otomotif di India saat penutupan tahun fiskal pada Maret 2015.

Salah satu faktor pendukung adalah kelahiran model baru yakni Celerio, Ciaz, Swift facelift dan Alto K10 dengan transmisi AMT. Keempat model itu mendominasi daftar mobil terlaris dan selalu berada di sepuluh besar.

Tahun depan Suzuki di India bakal semakin membesar sebab berbagai model baru telah dipersiapkan, sepert crossover S-Cross, Celerio diesel, Wagon dan R bertransmisi AMT. Tidak hanya itu, di masa depan Suzuki sedang mengembangkan prototipe hatchback YRA, pikap ringan Y9T, dan crossover YBA.

Diberitakan Economic Times, Kamis (25/12/2014), Executive Director for Marketing and Sales MSIL RS Kalsi mengatakan perusahaan berharap ada peningkatan pada segmen penumpang sejumlah lima persen pada tahun fiskal depan yang dimulai April 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com