Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobkas Kompak Tetap Jadi Idola sampai Akhir Tahun

Kompas.com - 25/11/2014, 08:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tren konsumen menggemari mobil bekas berukuran kompak, seperti Jazz, Yaris, Swift, Mazda2, Fiesta, atau Rio dipastikan akan bertahan sampai akhir 2014. Kehadiran model-model yang lebih beragam, harga yang variatif, dan konsumsi bahan bakar lebih hemat, membuat pamor mobkas kompak jadi semakin wangi.

"Kalau dulu, adanya hanya MPV yang muat minimal 7-8 orang. Padahal, anggota keluarga kita maskimal hanya butuh empat tempat duduk, jadi kalau dulu konsumen mobkas terpaksa beli MPV karena tidak ada pilihan lain, berbeda kondisinya kalau sekarang," beber Leovan Widjaja, pemilik gerai mobkas Auto11 di Karawaci, kepada KompasOtomotif, Senin (24/11/2014).

Kebijakan pemerintah Joko Widodo menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi (Premium dan Solar) juga memperngaruhi permintaan mobkas kompak. Untuk ukuran mobkas yang lebih kecil, seperti Brio, Etios Valco, Mirage, March, dan Picanto, menawarkan kapasitas mesin yang lebih kecil, berkorelasi dengan semakin irit penggunaan konsumsi BBM.

"Sekarang orang punya uang Rp 25 juta mau punya mobil, larinya pasti ke city car. Urusan cicilan, lain lagi, yang penting punya mobil sesuai kebutuhannya," lanjut Leovan.

Pebisnis mobkas saat ini, tambah Leovan, lagi beramai-ramai mencari stok mobil-mobil kompak karena pasarnya lagi bagus. Meski harga mobil kompak baru di dealer resmi saat ini tengah didiskon, dianggap tidak terlalu mempengaruhi harga mobkas-nya karena permintaan masih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com