Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Resmikan Pabrik Sepeda Motor Ketiga di Vietnam

Kompas.com - 11/11/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Ha Nam, KompasOtomotif - Di Asia Tenggara, selain Indonesia, Vietnam juga menjadi salah satu tujuan investasi sejumlah prinsipal otomotif, salah satunya Honda Motor Company. Melalui ranting usahanya, Honda Vietnam Company Limited meresmikan pabrik sepeda motor ketiga di Provinsi Ha Nam, Senin (10/11/2014).

Peresmian pabrik dilakukan oleh Wakil Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam Hoang Trung Hai, didampingi para direksi perusahaan setempat. Fasilitas ini dibangun di atas lahan 270.000 meter persegi di Kawasan Industri Dong Van II, sekitar 40 km sebelah selatan Hanoi.

Investasi yang dikeluarkan untuk membangun pabrik mencapai 120 juta dollar AS atau Rp 1,46 triliun dengan kemampuan produksi hingga 500.000 unit per tahun. Dalam keterangan resmi, Honda mengklaim pabrik barunya ini ramah lingkungan sesuai standar dunia dan bersahabat dengan warga sekitar.

Pabrik ini akan menjadi salah satu fasilitas produksi sepeda motor tercanggih dan paling efisien di dunia. Berbagai model mesin paling modern digunakan untuk menopang produksi, dengan standar manajemen berkualitas ISO 9001 dan lingkungan sesuai ISO14001.

Pabrik ini sebenarnya sudah mulai beroperasi mulai Maret 2014, dengan kapasitas produksi 1.450 unit per hari. Tetapi, untuk tahap pertama kapasitas yang dimanfaatkan (utilitas) baru sekitar 1.000 unit sepeda motor per hari, untuk produksi skuter.

Sejak beroperasi mulai 1997, Honda Vietnam sudah berhasil mencapai produksi 15 juta unit. Honda juga mendominasi pasar sepeda motor hingga 70 persen sampai tahun ini. Selain memenuhi kebutuhan domestik, Honda Vietnam juga berencana menggenjot ekspor ke negara lain. Salah satu model ekspor andalan Honda Vietnam, adalah PCX, skuter premium yang juga dipasok ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com