Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu dari Lima Mobil di AS Berpotensi “Recall”

Kompas.com - 19/10/2014, 14:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - “Badai” kampanye perbaikan massal (recall) di seluruh daratan Amerika Serikat (AS) pada tahun ini telah melibatkan 52 juta unit kendaraan yang terdiri dari mobil penumpang dan komersial. Dari jumlah tersebut, Money.cnn.com, Kamis (19/10/2014), menganalogikan, satu dari lima mobil yang beredar di AS bermasalah dan wajib diperbaiki.

Dari data yang dimiliki perusahaan jasa penarikan mobil, Stericyle, ada 544 kampanye recall terpisah sepanjang 2014. Diestimasikan, dua mobil recall dalam sehari.

Pabrikan yang paling banyak melakukan recall adalah General Motor (GM), data terakhir mengungkapkan sebanyak 26,5 juta unit atau lebih dari setengah total unit recall 2014. Kebanyakan model milik GM tak lagi diproduksi.

GM mengatakan tengah mengalami krisis, selain itu juga mengakui kesalahan karena menunggu selama satu dekade untuk memerintahkan penarikan kembali jutaan mobil yan bermasalah pada sistem nyala mesin. Selain ditekan lembaga keamanan keselamatan berkendara AS, GM diberatkan 27 kasus kematian terkait masalah itu.

Total 52 juta unit recall di AS merupakan rekor baru, sebelumnya pada 2004 catatan unit recall “hanya” mencapai 30,8 juta unit. Terkini, Chrysler melakukan perbaikan massal terhadap 900.000 kendaraan, jumlah ini merupakan total dari dua kasus berbeda. Pelajaran dari GM membuat pabrikan AS sigap menanggapi recall, tindakannya lebih proaktif kendati kerusakan hanya minor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com