Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudahan Konsumen AS Cek Status “Recall”

Kompas.com - 23/08/2014, 11:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Pemerintah AS melalui National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), menawarkan jasa online gratis buat masyarakat yang ingin mengetahui status recall mobil mereka. Informasi itu kini bisa didapatkan di www.safecar.gov.

Syaratnya mudah, hanya memasukan nomor VIN (Vehicle Indentification Number), lalu data riwayat recall akan terlihat. Informasi seperti ini tidak hanya bisa digunakan sebelum membeli mobil baru, tapi juga berguna buat pemilik mobil lama.

Pemberitahuan recall juga dilakukan di situs ini. Semua pabrikan di AS wajib selalu update data setiap pekan.

Seperti diberitakan L.A Times, Rabu (20/8/2014), NHTSA mengatakan, ada jutaan recall mobil di AS setiap tahun. Bahkan sepertiga dari “korban” tersebut belum diperbaiki, tentu dampaknya buruk buat konsumen. Ditambah lagi, masyarakat selalu berpindah tempat tinggal, informasi bisa jadi tak sampai.

Pada 2014, total recall di AS meliputi lebih dari 40 juta unit kendaraan sampai sejauh ini, sekitar 29 juta unit bermerek General Motors. Angka pada 2014 jauh telah melewati rekor tertinggi sebelumnya pada 2004 yang tercatat 30,8 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com