Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Nissan X-Trail untuk Pasar SUV Medium

Kompas.com - 13/10/2014, 10:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - "Taring" All-New Nissan X-Trail mulai menyeringai untuk ”menakuti” segmen SUV medium Indonesia. Baru sebulan sejak model yang kini muat 7-penumpang itu meluncur, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyatakan telah mengantongi lebih dari 3.500 pemesanan.

GM Strategi Pemasaran, Komunikasi, dan Perencanaan Produk NMI Budi Nur Mukmin memaparkan, target itu lebih besar tiga kali lipat dari yang pernah dicanangkan untuk All-New X-Trail yakni 1.000 unit per bulan. Bahkan, jauh dari pencapaian X-Trail model lama yang hanya sanggup terjual rata-rata 250 unit per bulan.

Ingar-bingar promosi saat peluncuran merupakan faktor utama ”meningkatkan kesadaran” masyarakat akan kehadiran model terkini SUV teratas Nissan Indonesia. Ditambah lagi, sorotan lampu booth Nissan pada IIMS 2014 yang fokus tertuju pada All-New X-Trail sanggup mendongkrak pemesanan.

Distribusi
Budi menambahkan, kebanyakan pemesan berasal dari Jakarta. Alasan utama, dealer-dealer Nissan di daerah belum mendapatkan stok unit. Sedangkan tipe yang paling diincar adalah yang tertinggi, yakni tipe 2.5L CVT.

”Produksi X-Trail baru dimulai pada Oktober, proses pengiriman nanti terlaksana mulai November," kata Budi, Senin (13/10/2014), di sela media test drive All-New X-Trail yang akan digelar di Surabaya-Bali, 13-15 Oktober 2014.

Diakui, gelombang pertama pembeli di awal penjualan merupakan emotional buyers. Artinya, kebanyakan peminat adalah konsumen yang tak perlu pikir terlalu panjang untuk menyukai X-Trail terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com