Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengaruh Warna Body terhadap Suhu Kabin

Kompas.com - 11/10/2014, 10:00 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Pemilihan warna kendaraan jadi salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen. Tren saat ini, cat putih yang paling laris, menggantikan tren hitam yang sebelumnya paling banyak dipilih.

Namun tahukah Anda, warna kendaraan juga berpengaruh pada suhu di dalam kabin saat terpapar langsung dengan sinar matahari. Auto Bild Indonesia pernah melakukan riset untuk mengetahui warna mobil apa saja yang paling mudah menyerap panas.

Metodenya sederhana, dengan mengumpulkan beberapa jenis mobil di waktu dan tempat secara bersamaan. Hasilnya, warna hitam menjadi mobil yang paling panas hingga menyumbang peningkatan suhu kabin paling tinggi. Lalu ada warna biru, merah dan terakhir silver yang juga menjadi mobil dengan warna paling panas.

Riset ini dilakukan untuk dikaitkan dengan pengaruh suhu tinggi di dalam kabin. Pasalnya, hawa panas dalam kabin bisa memberikan beberapa efek negatif. Efek yang bisa ditimbulkan antara lain berpengaruh pada kerja AC sebagai penyejuk udara. Ini bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi meningkat.

Bila menggunakan jok lapis kulit, maka jok juga akan mudah panas karena bahan ini bersifat menyerap panas. Matahari juga mempercepat proses kusam lapisan interior seperti dasbor dan trim. Serta terakhir, perangkat elektronik seperti audio, laptop atau ponsel berpotensi rusak karena panasnya suhu kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com