Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interior Mobil Bisa Berubah Warna?

Kompas.com - 11/08/2014, 15:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Traverse City, KompasOtomotif – Perusahaan komponen otomotif asal Amerika Serikat Johnson Controls, mempunyai gagasan menarik dan revolusioner. Mereka ingin menciptakan interior yang bisa berubah warna untuk menyesuaikan mood pengguna.

Misal, dengan bahan khusus, interior yang semula berwarna beige bisa berubah menjadi hitam. Atau bisa juga muncul aksen khusus, seperti garis-garis pada dasbor atau pelapis serat karbon.

Han Hendriks, Vice President of Advanced Product Development Johnson Controls Inc mengatakan, ide perubahan warna interior ini diambil dari pencahayaan (ambient lighting) interior yang saat ini mulai marak digunakan produsen mobil untuk mempercantik suasana kabin.

Proyek ini bukan isapan jempol. Perusahaan akan meneliti dan mengembangkan ide tersebut dari R&D Centre yang terletak di Dusseldorf (Jerman), Shanghai (China), dan Michigan (AS). Hal ini sudah menjadi bagian dari merger dengan Yanfeng Automotive Trim System dengan total investasi 7,5 miliar dollar AS (Rp 88 triliun).

Meski ide perubahan warna interior masih dalam tahap konsep dan tidak ada ketegasan tenggat waktu realitas, namun sudah bisa dibayangkan, hal ini akan membuat mengemudi menjadi semakin nyaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com