Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edisi Spesial MPV Sejuta Umat Daihatsu

Kompas.com - 02/10/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu dari empat mobil modifikasi hasil garapan tim Researh and Development Astra Daihatsu Motor (ADM) yang ditampilkan pada IIMS 2014 adalah edisi spesial Xenia Indigo. Kata “eksotis” dan “elegan” menjadi landasan transformasi, hasilnya menggambarkan sosok varian teratas Xenia dengan harga di atas Rp 200 juta yang belum pernah ada di Indonesia.

Pada pekan kedua IIMS 2014 lalu Jendro Trimaryanto, Styling Designer R&D Division ADM mengatakan berbagai mobil modifikasi yang ditampilkan di stan Daihatsu berusaha mengedukasi masyarakat tentang kreasi divisi pengembangan ADM. Ia setuju bahwa pihaknya butuh model flagship, termasuk untuk Xenia.

KompasOtomotif Beberapa ubahan mencolok dari Daihatsu Xenia Indigo

Alasan penamaan Indigo sebab “kulit” Xenia dibalut perpaduan warna biru dan ungu yang disebut special purplish blue. Dalam ensiklopedia bebas, kata Indigo sendiri punya konjungsi dengan kemampuan spesial atau bahkan supranatural. Dari sini terkesan ADM ingin menggambarkan Xenia Indigo punya “kekuatan tersembunyi”.

Tersembunyi atau tidak yang jelas penampilan dengan banyak aksen krom mencuatkan rasa elegan. Semuanya berubah, hanya menyisakan siluet bodi MPV 7-penumpang khas Xenia. Paling kentara di bagian gril atas di bagian depan yang terdiri dari empat lapis bilah sejajar. Kedua lampu di sisi kanan dan kiri punya bingkai yang sama seperti versi standar, namun bohlam diganti tipe proyektor. Hal serupa juga diterapkan di lampu belakang.

KompasOtomotif-donny apriliananda Interior Daihatsu Xenia Indigo, sedikit diberi nuansa ungu pada jok dan pedal.

Desain bemper bawah lain dari biasa, minimalis tanpa lampu kabut. Kini ada bantuan penerangan LED yang bisa berperan sebagai Daytime Running Light. Lis krom pada sekeliling kaca penumpang dan desain pelek baru berukuran lebih besar kembali menegaskan aura elegan. Meski fokus pada eksterior, berbagai elemen penyambung tema juga ada pada kabin. Interior diberi sentuhan “Indigo” pada jok dan pedal kaki. Satu-satunya sektor yang tak disentuh adalah mesin.

ADM mengatakan ada kemungkinan Xenia Indigo jadi barang konsumsi pembeli mobil, namun peminat harus siap dengan label harganya. Dari berbagai informasi menyebutkan modifikasi paling mahal untuk eksterior, bisa mencapai ratusan juta. Bila ditambah banderol Xenia, kisaran harga lebih dari Rp 300 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com