Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Teknologi Anti-Tabrakan pada IIMS 2014

Kompas.com - 21/09/2014, 19:34 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Beragam produk aksesori dan komponen kendaraan hadir pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Ada satu stan yang menawarkan komponen canggih anti-tabrakan, yakni Mobileye.

Teknologi yang diusung Mobileye mirip dengan fitur canggih layaknya mobil mewah. Namun, PT Bina Putera Sejati, sebagai distributor resmi, menawarkan teknologi tersebut buat pengunjung IIMS dan bisa dipasang di semua jenis kendaraan.

"Kami menawarkan alat bantu untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya. Ada sebuah sensor yang bekerja untuk mengingatkan pengemudi saat lengah atau ngantuk dan berada di ambang kecelakaan," ujar Lisdiana Sharma, GM Sales Division Bina Putera Sejati, saat menerangkan teknologi Mobileye di Hall semi permanen, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/9/2014).

Lisdiana melanjutkan, produk yang ditawarkan terdiri dari sensor dan kamera. Alat bekerja dengan mengukur jarak antara kendaraan yang sedang dikendarai dengan situasi di sekitar. Mobileye akan memberikan peringatan berupa bunyi bip atau getaran ketika mobil berjarak dua detik dengan obyek di depan.

Ada tujuh fitur dalam produk Mobileye ini, antara lain peringatan tabrakan dari arah depan, peringatan dalam kondisi arus lalu lintas padat, warning pedestrian, lane departure warning, jarak aman, control intelligent high-beam, dan indikasi batas kecepatan.

Harga khusus IIMS
Produk tersebut dijual Rp 14,5 juta. Namun, khusus IIMS, Lisdiana menjelaskan, ada potongan harga 30 persen, jadi hanya dijual Rp 10,5 juta. Pemasangan membutuhkan waktu empat sampai lima jam, dan dilakukan di bengkel resmi Mobileye yang berada di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan.

"Banyak pengunjung yang tertarik dengan teknologi ini, bahkan Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, sudah memerintahkan kepada jajaran pejabatnya untuk menggunakan alat ini. Mereka sangat merespons baik teknologi Mobileye," tutup Lisdiana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com