Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Makanan di IIMS 2014, Omzet Naik hingga 50 Persen di Akhir Pekan

Kompas.com - 21/09/2014, 16:08 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat pengunjung untuk melihat produk-produk otomotif pada Indonesia International Motor Show 2014, juga dibarengi oleh kebutuhan logistik. Waktu kunjung pameran yang panjang membuat pengunjung perlu makanan guna "mengganjal perut". Inilah yang dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang makanan pengisi Food Hall IIMS.

Dengan berjualan di area tersebut, mereka dapat meraup kenaikan omzet yang lebih besar daripada berjualan di luar pameran. Bahkan kenaikan omzet saat akhir pekan mencapai 50 persen. Pedagang sate padang Gunawan (35) mengatakan, omzet jualannya bertambah saat menggelar lapak di IIMS 2014. Dia pun mengakui mendapat lebih banyak keuntungan dari ajang pameran yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, tersebut.

"Harga makanannya kan naik, jadi omzetnya juga nambah, naiknya sekitar 30-40 persen lah," bebernya kepada Kompas.com saat ditemui di depan lapak, Minggu (21/9/2014). Ia mengatakan, karena melonjaknya pengunjung saat akhir pekan, kenaikan omzetnya bisa lebih banyak lagi yaitu sekitar 50 persen.

Kenaikan omzet juga dirasakan oleh pedagang nasi rames, Rita (43). Pedagang makanan yang biasa berjualan di sekitar kawasan Gambir ini mengaku mengalami kenaikan sekitar 30 persen, meskipun fluktuatif. "Kalau akhir pekan begini ya memang ramai, makanya jadi naiknya lumayan. Tapi kalau lagi sepi ya hampir sama sih seperti jualan biasa," ujar Rita. Ia juga mengakui menaikkan harga dagangan sekitar 20 persen selama IIMS. Namun untuk karyawan yang sedang bertugas di IIMS, ada diskon khusus yaitu sekitar 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com