Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Mobil Murah” Malaysia Laris Manis

Kompas.com - 17/09/2014, 07:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber paultan
Paultan.org Perodua Axia tipe Advance tampak belakang. Lebih sporty.

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Angka pemesanan Perodua Axia atau kembaran Daihatsu Ayla mencapai 13.500 unit hanya dalam sebulan. Jumlah itu dicatat sejak pertama kali pintu booking dibuka pertengahan Agustus. Bahkan Presiden dan CEO Datuk Aminar Rashid mengatakan, hasil tersebut merupakan rekor penjualan untuk model yang baru saja diluncurkan.

Target Perodua, mencapai penjualan 30.000 unit hingga akhir tahun. Fenomena ini sama menariknya jika kita menengok dinamika ”mobil murah” atau disebut LCGC di Indonesia. Sejak diluncurkan antusiasme membludak. Bahkan sampai saat ini penjualan menanjak dan diprediksi akan memakan kue mobil nasional hingga 15 persen.

Paultan.org Interior Perodua Axia, lebih mewah ketimbang Ayla.

Perodua memasarkan enam varian Axia. Mulai dari model standar, tipe menengah, edisi spesial hingga Advance. Perbedaan hanya pada kelengkapan. Namun tipe paling bawah sudah mempunyai kantong udara dan immobilizer.

Rentang harga berada di antara RM 24.600 (Rp 91 juta) hingga RM 42.530 (Rp 157 juta). Selain perorangan, dilaporkan peminat juga datang dari pengusaha kursus mengemudi yang memborong beberapa unit tipe paling rendah.

Beberapa waktu lalu, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman M R menginformasikan,  komponen penting seperti platform dan mesin Axia dipasok dari  Indonesia. Kurang lebih arsitektur Axia memang serupa Ayla, hanya ”kulitnya” saja yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber paultan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com