Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Segera Lokalisasi New Fuso

Kompas.com - 03/09/2014, 15:35 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Mitsubishi Indonesia resmi memasarkan New Fuso FJ 2523, dengan seremonial peluncuran di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/9/2014). Untuk tahap awal, generasi baru Fuso masih diimpior secara utuh (CBU) dari Chennai, India. Tapi, kabarnya mulai tahun depan sudah mulai diproduksi lokal (CKD) di Indonesia.

"Saya belum bisa menjelaskan kapan pastinya lokalisasi di mulai, tetapi rencana ini sudah terdaftar resmi di prinsipal Jepang," jelas Rizwan Alamsyah, Direktur Pemasaran Eksekutif PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) di sela-sela peluncuran.

Rizwan menjelaskan, lokalisasi New Fuso jumlahnya hanya sedikit, atau hanya bertambah sekitar 100 unit per bulan. Saat ini kapasitas produksi pabrik KTB mencapai 5.000 unit per bulan. "Akan ada investasi baru memang, tetapi nilainya tidak signifikan atau kecil," beber Rizwan.

Angka produksi yang disiapkan KTB untuk New Fuso setara dengan target penjualan di Indonesia. Saat ini diakui Rizwan, sudah ada 100 unit FJ 2523 CBU India dan sudah mulai dipinjamkan ke beberapa konsumen loyal Mitsubishi. "Mudah-mudahan setengahnya sudah laku terjual," lanjut Rizwan.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Januari-Juli 2014 KTB sudah menjual 1.701 unit truk kategori III di pasar nasional. Menikmati pangsa pasar 20,5 persen di bawah Hino dan Isuzu, terhadap total penjualan semua merek 8.283 unit.

"Untuk periode Agustus saja kami sudah menjual 350 unit truk kategori III," tutup Rizwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com