Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nafas Yamaha Scorpio Belum Habis

Kompas.com - 01/09/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Belitung, KompasOtomotif – Meski sejak akhir 2013 lalu sudah diungkapkan akan berhenti diproduksi, Yamaha Scorpio Z ternyata masih digemari. Setelah versi terbatas “Kalajengking Emas” yang hanya dijual 1.000 unit meluncur awal Januari 2014, permintaan buat model sport 225cc ini tetap terus berdatangan.

Bila R25 tidak masuk dalam hitungan, Scorpio Z merupakan model yang paling sedikit laku di pasaran selama Januari-Juli 2014. Menurut data distribusi milik AISI, total hanya 2.625 unit yang berhasil terjual. Bila dirata-rata, cuma sanggup 375 unit setiap bulan.

Meski jumlahnya tidak menyentuh kriteria nilai ekonomis, yakni penjualan 500-700 unit. Eko Prabowo, GM Komunikasi Pemasaran dan Pengembangan Komunitas Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, hingga saat ini belum ada keputusan untuk menghentikan produksi generasi ketiga Scorpio Z yang sekarang dipasarkan.

“Belum tahu sampai kapan diproduksi yang jelas permintaannya masih banyak. Scorpio masih bisa dipesan,” kata Eko di sela media tes ride R25 di Belitung, Minggu (31/8/2014).

Generasi pertama Scorpio dimulai dengan kelahiran Scorpio-G pada 2002 lalu. Model yang disebut kerap disebut RX-King versi 4-tak ini kemudian memasuki generasi kedua bersama Scorpio Z sejak 2005 hingga 2010. Terakhir, New Scorpio Z meluncur 2010 dan masih bertahan hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com