Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Scorpio Z Limited Edition Jadi Barang Kolektor

Kompas.com - 26/01/2014, 09:57 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Canggu, KompasOtomotif – Seusai meluncurkan New Fino FI di Bali, Sabtu (26/1/2014), Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga merilis edisi khusus Scorpio Z, “The Scorpion King Limited Edition”, dengan banderol Rp 25 juta. Menjadi spesial sebab hanya akan ada 1.000 unit yang dibuat dengan konsep corak kalajengking emas raksasa seakan memeluk tangki.

Febri Ardani Yamaha Scorpio Limited Edition 3

Jika dicermati, kepala hewan beruas berkaki delapan itu seperti berada di tameng angin dan panel instrument. Sementara badan seakan menutupi tangki, posisi capit ada di bahu (shroud). Senjata andalan, ekor beracun, milik kalajengking diandaikan serupa knalpot. “Kalau diperhatikan wujudnya seperti mengenakan jubah emas,” ucap Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia, saat peluncuran.

Warna keseluruhan merupakan kombinasi warna hitam dan emas. Bagian crankcase dan blok silinder dilabur warna hitam dof, sementara aksentuasi emas terlihat dari bagian lain seperti, stang, speedometer, tabung sok depan, handle bar, bahu (shroud), pelindung knalpot, serta pijakan kaki biker plus “boncenger”.

Eko menampik isu yang mengatakan lahirnya Limited Edition menjadi petanda Scorpio akan pensiun. Pasalnya, strategi seperti ini dinilai pernah dilakukan saat menghadirkan edisi “salam perpisahan” sebelum mengakhiri pemasaran RX King. “Model yang lain masih tetap kita pasarkan. Kontribusinya memang kecil, kami belum memutuskan untuk memensiunkan Scorpio,” tukas Eko.

Febri Ardani Yamaha Scorpio Limited Edition

Sejarah
Riwayat Scorpio sudah melintasi tiga generasi sejak pertama kali meluncur 2002 lalu. Awal kelahiran dimulai dengan Scorpio-G (2002-2004) yang didaulat sebagai RX-King versi 4-tak, kemudian Scorpio Z (2005-2010), dan terakhir New Scorpio Z (2010-2013).

Motor berkarakter sport turing ini mewarisi garis keturunan sepeda motor legenda, Serow250 (XT250) Mountain Trail yang punya gelar penakluk segala medan.

“Scorpio Limited Edition pasti diburu, hanya konsumen yang beruntung saja yang bisa memilikinya. Selain jadi barang koleksi, pemilik akan mendapatkan nilai investasi,” ujar Radityo A.D, Brand Manager Marketing Planning & Strategy YIMM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com