Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Beli Nama Tikungan Maut di Belgia

Kompas.com - 25/08/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Brussels, KompasOtomotif - Nissan Motor Company berniat mematenkan "Eau Rouge", nama julukan salah satu tikungan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. Nama ini nantinya akan digunakan pada model terbaru Infiniti yang siap dipasarkan di Amerika Serikat, dengan banderol sekitar 100.000 dollar AS (Rp 1,16 miliar), per unit.

Nama itu sudah didaftarkan oleh salah satu penasihat hukum Nissan di Lembaga Paten dan Merek AS, 8 Januari 2014 lalu.

Eau Rouge secara harafiah artinya air merah, di ambil dari salah satu jeram yang membelah hutan Ardennes. Tikungan ini menanjak dan punya reputasi sebagai yang paling indah sekaligus paling berbahaya di dunia balap, menurut "Go Like Hell: Ford, Ferrari and Their Battle for Speed and Glory at Le Mans,” buku karya AJ Baime, 2010.

Hak paten
Sirkuit itu dibangun 1920 dan masih dimiliki oleh pemerintah Wallonia, Belgia. Artinya, pemilik punya hak untuk mendapat royalti atau kompensasi dari setiap unit penjualan mobil tersebut, jelas Edward Chalfie, pengacara di Dennemeyer, konsultan kekayaan intelektual dilansir Bloomberg (22/8/2014).

"Sangat sulit bagi Nissan untuk mengelak setelah nama itu dipasarkan menggunakan nama jeram itu," beber Chalfie. Ia juga mencontohkan, General Motors pernah melakukan hal serupa, ketika memasarkan Pontiac Fire Bird Trans Am periode 1969-2002. Mobil ini menggunakan nama klub balap AS, "Trans Am" dan membayar 5 dollar AS, dari setiap unit yang terjual sebagai royalti tim.

Infiniti Q50 Eau Rouge saat ini masih dalam bentuk prototipe sambil menunggu finalisasi komponen. "Memang masih belum ada penjelasan, apakah sedan menengah ini akan dijual atau hanya mempertahankan namanya saja," jelas juru bicara Infiniti Stefan Weinmann, di Hong Kong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com