Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spesifikasi Unimog 1300L Milik Massa Prabowo

Kompas.com - 21/08/2014, 19:17 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Massa pendukung Prabowo-Hatta menggunakan truk kecil Mercedes-Benz Unimog 1300L dalam aksinya jelang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi, di ruas Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014).

Unimog yang identik dengan truk militer ini digunakan massa pendukung pasangan capres-cawapres nomor 1 itu untuk menerobos kawat berduri yang dipasang aparat kepolisan. Kendaraan itu pun diberhentikan paksa oleh petugas, sementara penumpang serta pengemudinya juga diamankan.

Memakai Unimog untuk aksi demonstrasi bukanlah hal lazim. Sebab, dalam beberapa literatur disebutkan Unimog 1300L adalah kendaraan off-road yang digunakan untuk menjelajah.

Kemampuan

Kemampuannya fenomenal, dengan bodi besar, ground clearance tinggi, suspensi sangat fleksibel, dan drivetrain superior, memungkinkan truk ini tangguh di segala medan. Truk asal Jerman ini menggunakan empat roda dengan konfigurasi sistem penggerak semua roda.

Unimog 1300L punya panjang 5,54 m, lebar 2,30 m, tinggi 2,83 m dan berat 7.500 kilogram. Mengusung mesin diesel Mercedes-Benz enam silinder type OM, tenaganya mencapai 130 tk pada putaran mesin 2.800 RPM yang disalurkan melalui transmisi delapan percepatan. Kapasitas bahan bakar 160 liter dengan jarak tempuh 350 kilometer.

"Unimog dijual resmi oleh Mercedez-Benz Indonesia (MBI), tapi hanya berdasarkan pemesanan terlebih dahulu. Kita tidak bisa membeberkan harga jualnya maupun unit yang sudah beredar di Indonesia," jelas sumber internal MBI kepada KompasOtomotif, Kamis (21/8/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com