Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Australia

Berinteraksi di Laboratorium Canggih Ford

Kompas.com - 20/08/2014, 07:40 WIB
Melbourne, KompasOtomotif - Ford memiliki fasilitas canggih untuk mempercepat proses pembuatan model baru, Ford immersive Vehicle Environment (FiVE). "Laboratorium" para desainer tersebut hanya terdapat di Dearborn, Detroit, Amerika Serikat dan Melbourne Australia. Di dalamnya terdapat 3D virtual reality yang mampu memperlihatkan detail mobil secara visual.

Fasilitas tersebut punya tujuan untuk memangkas proses penciptaan versi prototipe. Jadi, hasil desain yang akan dibuat bisa disaksikan secara detail tanpa harus menciptakan prototipe. Ide segar dari desainer bisa langsung didiskusikan bersama dan dipertimbangkan dari sisi estetika. Sehingga jika ada hal atau komponen yang kurang berkenan, bisa langsung diubah atau didesain ulang.

Fasilitas ini otomatis mampu mempercepat proses approval sebelum dijadikan mock-up hingga versi prototipe. Bahkan efisiensi biaya produksi bisa tercapai tanpa harus merombak atau bahkan membuat baru.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Tampilan 3D Ford Mustang Concept
Interaksi
Awak KompasOtomotif mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung di fasilitas yang  diresmikan pada 2012 lalu. Sebelum memulai petualangan, kepala dipasangi head-definition headseat yang mampu memberi memperlihatkan stereoscopic 3D. Lalu di tangan kiri dipasangi sarung tangan yang sudah ditempeli beberapa sensor. Model yang jadi bahan riset adalah Mustang Concept.

Ketika diaktifkan, kita seperti melihat langsung mobil baik dari luar maupun dalam kabin. Lokasi pertama yang hendak dieksplorasi adalah kabin. Hanya cukup mengarahkan pandangan ke arah yang ingin kita lihat (dasbor, jok, kabin belakang, ruang kaki atau plafon). Alat tersebut mampu memberikan detail cukup jelas bahkan jika ketika mengarahkan pandangan lebih dekat dengan obyek. Semua terlihat seperti nyata. Peserta yang tak menggunakan head set juga bisa melihat pandangan kita lewat layar besar yang menempel di dinding ruangan tersebut.

Karena bersifat virtual reality maka kita tidak bisa berinteraksi langsung dengan tombol-tombol di dasbor, setir atau membuka kap mesin. Untuk membuka pintu, kap mesin dan bagasi harus dibantu dengan operator.

Canggih...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com