Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Roda Tiga Unik Berkarakter "Roadster"

Kompas.com - 07/08/2014, 08:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Minneapolis, KompasOtomotif – Polaris merayakan 60 tahun kehadiran di dunia otomotif dengan meluncurkan Slingshot. Inilah kendaraan roda tiga yang dikategorikan sebagai roadster untuk memberikan kepuasan berkendara. Perusahaan tidak menyebutnya sepeda motor, bukan pula mobil, tapi tumpangan masa depan.

”Kendaraan ini memberikan kepuasan dua dimensi. Pertama, kegembiraan yang Anda lihat, dengar, dan rasakan ketika menaikinya. Kedua, kegembiraan yang Anda rasakan saat melihat desainnya yang eksotis dan unik,” kata Mike Jonikas, Vice President of Slingshot, Polaris.

Mobil ini adalah pengalaman baru berkendara. Tidak ada atap, dan pengemudi akan leluasa merasakan kondisi sekelilingnya meski harus menggunakan helm dan perlengkapan berkendara yang cukup lengkap bak pebalap.

Polaris Bagian belakang Polaris Slingshot, tanpa pengaman.

Ringan dan rigid
Adrenalin akan dipacu ketika menaikinya, dengan jarak bodi dan tanah yang sangat pendek, pengemudi dan penumpang akan merasakan guncangan dari jalan sampai ke dada. Suspensi sport yang dijejalkan dalam bodi memungkinkan pengendalian sangat lincah, bahkan diklaim asyik untuk bermanuver.

Kendaraan ini memakai mesin 2.400cc DOHC yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 173 tk dengan transmisi manual 5-percepatan. Rangka terbuat dari baja, dikombinasi dengan lengan ayun aluminium. Beberapa komponen terbuat dari serat karbon untuk mendukung kekuatan dan rigiditas. Bobot total hanya 771 kg.

Fitur lain, dilengkapi kontrol traksi dan stabilitas elektronik. Tak lupa ketiga ban (dua di depan dan satu di belakang) sudah dipasangi ABS untuk keamanan. Lampu-lampu pakai LED. Penumpang diberi proteksi pelindung yang terbuat dari aluminium tempa dan sabuk pengaman tiga titik.

Polaris Gambaran posisi mengemudi. Mirip main video game atau gokart.

Harga
Harga untuk tipe standar mencapai 19.999 dollar AS (Rp 235 juta) dengan warna titanium metalik, pelek alloy 17 inci di depan dan 18 inci di belakang. Sementara model premiumnya dibanderol 23.999 dollar AS (Rp 282 juta) dengan warna merah, pelek 18 inci depan dan 20 inci belakang. Tipe mewah ini terdapat tameng udara, media console dengan layar 4,3 inci, kamera, integrasi Bluetooth, dan sistem audio dengan enam pengeras suara.

Catatan dari Polaris, kendaraan ini bukanlah mobil yang punya kantung udara, dan tidak menganut pola keselamatan yang digariskan untuk mobil. Pengendalian akan sangat berbeda, terutama dalam kondisi jalan basah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com