Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik GM Gagal Total di Eropa

Kompas.com - 22/07/2014, 12:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Berlin, KompasOtomotif - General Motors melalui merek Opel segera menghentikan pemasaran Ampera di Eropa. Mobil berteknologi listrik itu merupakan saudara kandung dari Chevrolet Volt, hanya berbeda merek dan desain untuk menembus pasar Eropa.

Penghentian pemasaran dilakukan pada saat Chevrolet melepas Volt desain baru, paruh kedua tahun depan. Ampera gagal diterima dipasar dicerminkan dengan hasil penjualan yang buruk. Menurut dua sumber internal perusahaan, meski punya predikat Mobil Terbaik Eropa pada 2012, Ampera dinilai gagal total sejak peluncuran di tahun yang sama. Tahun lalu, penjualan menyusut 40 persen hingga 3.184 unit dari tahun sebelumnya.

Lebih parah lagi, penjualan lima bulan pertama 2014 cuma tercatat 332 unit saja, anjlok 67 persen. Di Jerman, pasar utama Opel, hanya 46 unit Ampera yang berhasil terjual pada paruh pertama tahun ini.

Frustasi GM terhadap Ampera juga sempat disampaikan Steve Girsky, Wakil Komisaris yang juga menjabat Direktur GM, berkomentar soal penerimaan produk di pasar Eropa. "Seluruh pemerintah di negara Eropa mengatakan, 'Kami menginginkan EV (mobil listrik), kami mau mobil listrik,'" tukas Girsky di ajang Geneva Auto Show tahun lalu. "Ketika kami hadir dengan produk yang ada, dan kemana semua orang pergi?" lirihnya.

Ketika coba dikonfirmasi, juru bicara GM masih belum mau berkomentar soal rencana ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com