Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayembara Meretas Mobil Berhadiah Ratusan Juta

Kompas.com - 11/07/2014, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif- Mobil listrik penuh dengan komputerisasi, sebab itu banyak pengamat digital mengatakan mudah disusupi peretas. Untuk membuktikan hal tersebut, digelar sayembara meretas mobil saat konferensi SyScan (16-17 Juli) berlangsung di Beijing, China, buat para ahli digital dari seluruh dunia. Hadiah utama menggoda, 10.000 dollar (Rp 115,7 juta).

Tapi tantangan tidak akan mudah, mobil target adalah “supercar” listrik asal Amerika Serikat, Tesla Model S. Dilansir Forbes, Rabu (9/7/2014), panita tidak merinci detail peraturan, hanya dikatakan tersedia komputer saat kompetisi berlangsung.

Disebutkan, salah satu contoh yang bisa dikategorikan sukses meretas, yakni mengontrol Model S dari PC kemudian membuat browser dalam kabin mengunjungi alamat website sesuai perintah. Asumsinya menggunakan “virus” yang diinjeksikan.

Largus Tesla Model S

Tesla
Tesla mendapatkan reputasi yang bagus soal keamanan mobil. Setiap model yang dibuat punya program “anti hacker”, sistem akan melaporkan setiap kali usaha peretas terdeteksi.

Tesla mengaku tidak terlibat dalam kompetisi ataupun konferensi SyScan. Namun manufaktur tersebut berharap siapapun yang bisa membobol setidaknya akan menceritakan pengalamannya.

Tahun lalu, tim peretas bayaran dari DARPA telah berhasil “menguasai” sistem pengereman dan kemudi pada Ford dan Toyota. Hal itu menandakan, ancaman peretas menyabotase mobil semakin nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com