Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Naik Sepeda Motor Paling Berisiko Celaka

Kompas.com - 05/07/2014, 16:05 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

,Jakarta, KompasOtomotif - Bulan Ramadhan sudah berlangsung beberapa hari, artinya musim pulang kampung atau mudik menjelang Lebaran sudah tinggal hitungan hari. Nah, bagi Anda yang tahun ini berniat mengendarai sepeda motor untuk pulang kampung, hati-hati!

Edo Rusiyanto, Ketua Umum Road Safety Association (RSA) menjelaskan, pemudik sepeda motor punya risiko lebih besar dibandingkan pengguna mobil pribadi atau angkutan umum. Pada musim mudik Lebaran 2013, tingkat keterlibatan sepeda motor pada kecelakaan mencapai 71 persen.

"Artinya, dari total kendaraan yang terlibat kecelakaan, si kuda besi masih yang paling dominan," jelas Edo kepada KompasOtomotif, akhir (4/7/2014).

Data Korlantas Mabes Polri 2013 menyebutkan rasio potensi kecelakaan dalam 10.000 unit sepeda motor, 25 unit di antaranya mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan. Jumlah ini memang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya dengan rasio 10.000 unit berbanding 47 unit.

1 juta unit
Tahun lalu, lanjut Edo, diperkirakan setidaknya ada 1 juta unit sepeda motor yang dikendarai pemudik pulang kampung. Maka jika melihat rasio yang ada, artinya, tingkat kecelakaan fatal pengguna sepeda motor masih cukup tinggi.

"Tahun lalu 43 persen dari total korban jiwa kecelakaan adalah pengendara sepeda motor. Dalam rentang 16 hari musim mudik dan balik Lebaran (2013), rata-rata 21 pengendara meninggal di jalan raya per hari, miris!" tutup Edo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com