Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Desain X-Trail Baru Lebih "Jinak", Ini Kata Nissan

Kompas.com - 16/06/2014, 14:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Fukuoka, KompasOtomotif - Desain All-New Nissan X-trail jauh lebih dinamis, modern, dan terkesan meninggalkan karakter mengotak (boxy), jika dibandingkan generasi sebelumnya. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar SUV segmen C itu semakin diterima pasar secara global.

Manager Product Planning Department Product Strategy Nissan Motor Co Ltd, Kimihiro Kusayanagi, mengatakan dalam perjalanan menuju Sirkuit Autopolis, Fukuoka, Jepang, (16/6/2014), desain tersebut semata-mata untuk mengejar penjualan dan menyesuaikan selera lebih banyak orang.

"DNA tidak berubah, tapi karena ini model global, kami berusaha mengubah berbagai sudut. Model boxy tidak disukai di pasar-pasar besar seperti China, Eropa, dan Amerika Serikat. Inilah desain yang masih bisa diterima sebagai solusi global," jelas Kusayanagi San.

Memang, banyak sentuhan baru pada genarasi ini. Jarak sumbu roda dikatakan Kusayanagi lebih panjang, mengambil platform yang sama dengan Renault Laguna dan Koleos. Itu semua agar mobil ini sanggup memberikan kenyamanan dalam hal kelegaan ruang kabin.

"Kami harus memilih untuk menjadi mainstream (soal model) dan mengorbankan gaya lama yang terkesan tangguh. Tapi yang jelas, kami bukan follower. Banyak yang baru di All-New X-Trail yang membuatnya jauh lebih baik," tegas Kusayanagi.

Ciri khas desain baru X-trail adalah meninggalkan banyak sudut dan kotak. Guratan desain lebih luwes seperti kebanyakan SUV global lainnya. Akankah sukses? Kita nantikan dalam beberapa bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com