Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda: CB150R Streetfire "Berjubah", Kenapa Tidak?

Kompas.com - 11/06/2014, 09:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif — PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memastikan bakal merakit secara completely knock down (CKD) CBR150R agar harganya bisa bersaing tahun ini juga. Namun, ada rumor lain terkait dengan segmen 150cc. Gosipnya, CB150R Streetfire juga bakal muncul dengan versi full fairing, layaknya Yamaha V-ixion yang diberi jubah sehingga jadi R15.

Gosip ini secara tersirat dibantah Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis AHM. Dikatakan bahwa CB150R akan mengisi pasarnya sendiri di kelas naked karena punya pasar masing-masing. ”Masa sih Streetfire butuh dibajuin? Bukannya orang suka seperti ini?” celetuknya seusai jumpa pers Astra Honda-Safety Riding Instructor Competition, di Bandung, (10/6/2014).

Dijelaskan, jika memang ada keinginan konsumen memberi jubah CB150R Streetfire, masih ada pasar after market. Penggemar generasi CB bisa memodifikasi sendiri jika mau. Tetapi, pada dasarnya Indra menyiratkan bahwa AHM tidak menutup kemungkinan tersebut. ”Saya tidak bilang kemungkinannya kecil sekali, tapi saya bilang kalau pasarnya cukup, kenapa tidak?” imbuhnya.

Indra juga mengakui bahwa gagasan ini juga sempat dipikirkan oleh AHM. Semua masukan dianggap sebagai pertimbangan untuk pengembangan model selanjutnya.

Sport murah
Namun, urgensi di kelas ini bagi Honda adalah menghadirkan model sport murah berjubah. Jika mengembangkan lagi CB150R Streetfire ber-fairing, tentu akan membutuhkan biaya besar lewat Research & Development (R&D). Tetapi, Jika langsung melokalkan CBR150R, tidak butuh biaya sebanyak pengembangan model baru.

Seperti diketahui, segmen sport terbesar di Indonesia sekitar 80-90 persen bermain di kelas 150 cc. Dengan kuartet, CB150R Streetfire, Verza150, New Mega Pro, dan CBR150R (CKD), Honda optimistis bisa segera menggeser dominasi Yamaha yang mengandalkan V-Ixion, Byson, dan R15.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com