Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Penjegal "Byson"

Kompas.com - 20/05/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Delhi, KompasOtomotif - Perseteruan antara Honda dan Yamaha di segmen sport semakin memanas. Dari India, dikabarkan kalau Honda tengah menyiapkan model baru berbekal mesin 160 cc, disiapkan untuk bersaing langsung dengan Yamaha FZ-S alias Byson.

Dilansir CarblogIndia (19/5/2014), Honda Motorcycles and Scooters India (HMSI), telah mengumumkan rencana ini di Pertemuan Bisnis Tahunan ke-13 periode tahun fiskal 2014-2015. Pertemuan ini berlangung di Jepang, beberapa waktu lalu, mengajak lebih dari 900 perusahaan mitra bisnis, termasuk beberapa dari India.

Dari pertemuan ini, ada informasi kalau Honda akan melepas model baru, bergenre sport, bermesin 160cc, menyasar pada konsumen anak muda perkotaan. Klaim perusahaan mengatakan model ini menawarkan desain yang sporty dan stylish. Rencana peluncuran baru akan dilakukan antara Juli-September 2014 (kuartal kedua tahun fiskal 2014).

motorbeam Bagian belakang, simpel dan
"Untuk mempertahankan pertumbuhan (penjualan) yang superior, HMSI telah menetapkan target yang menantang, yakni 4,5 juta unit periode 2014-2015," jelas Keita Muramatsu, Presiden sekaligus CEO HMSI.

Pengumuman ini dipastikan akan mendapat catatan tersendiri dari kompetitor. Segmen sepeda motor sport 160 cc, diposisikan satu level lebih tinggi dari kelas 150cc. Di segmen ini, hanya ada dua pemain, yakni TVS Apache dan Yamaha FZ Series.

Konsep
Honda selama ini hanya mengandalkan Unicorn di segmen sport 150cc di India, dan belum menunjukkan penjualan yang apik. Dengan model baru bermesin lebih besar, Honda berharap bisa menambah pundi-pundi penjualan.

Media lokal India memprediksi kalau model baru ini akan dikembangkan dari konsep CX-01 yang pertama kali mejeng di Delhi Auto Show, Januari 2014 lalu. Desainnya yang kekar, cocok jika disandingkan dengan Byson yang menawarkan konsep serupa.

motorbeam Desain lampu futuristik sangat menarik.
Di sisi lain, Suzuki tinggal selangkah lagi melepas model terbarunya di segmen yang sama, dengan Gixxer. Ketika Honda berencana, Yamaha sudah menyiapkan langkah baru dengan menyegarkan tampilan FZ Series. Selain itu, Bajaj juga berencana menyegarkan tampilan Xtreme dan Discover, akhir musim panas tahun ini.

Jika nantinya, Honda juga mau memasarkan model ini ke Indonesia, maka dipastikan menjadi salah satu upayanya merebut tahta penjualan sport dari tangan Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com