Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil dan Peralatan Rumah Tangga Kini Semakin Mesra

Kompas.com - 10/06/2014, 10:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Osaka, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation dan Panasonic Corporation bergandengan tangan menciptakan koneksi nirkabel, antara mobil dan perlengkapan rumah tangga. Layanan baru yang tengah dirampungkan dan siap diperkenalkan di stan Toyota, di pameran Smart Community Japan, 18-20 Juni mendatang.

Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya menciptakan sistem mobilisasi yang lebih pintar, nyaman, dan cara meningkatkan nilai lebih tinggi dari kegunaan mobil dalam hidup manusia. Toyota akan memanfaatkan aplikasi Toyota Smart Center, yang mengoneksikan orang, mobil, dan rumah. Sistem ini sudah bisa dinikmati dan meningkatkan kenyamanan mobil bagi pengemudi Toyota di seluruh dunia.

Panasonic merupakan perusahaan elektronik yang menciptakan berbagai peralatan rumah tangga, seperti televisi, video, dan penyejuk ruangan berkonsep "A Better Life, A Better World" bagi setiap konsumennya. Perusahaan ini terus bekerja mengembangkan rumah pintar yang ramah lingkungan dan bisa terkoneksi untuk menyokong gaya hidup lebih baik.

Juni tahun lalu, dua perusahaan ini sepakat untuk mengembangkan layanan generasi baru sistem telematika, yang menghubungkan mobil dengan peralatan rumah tangga. Sejak saat itu, kedua perusahaan mengembangkan sistem dan layanan baru.

Cita-citanya mengembangkan aplikasi untuk mobil yang bisa terkoneksi dengan perlengkapan rumah tangga di tempat tinggal. Misalnya, ada aplikasi terkoneksi dengan layanan GPS bisa mengingatkan pengemudi, untuk mematikan penyejuk ruangan di kamar tidur sebelum meninggalkan rumah. Dari dalam mobil, pengguna bisa dengan mudah mematikan alat itu tanpa harus ke dalam rumah.

Di masa depan, kedua perusahaan sepakat akan mengeluarkan kemampuannya untuk menciptakan hal baru, demi terciptanya mobilitas baru, menghubungkan orang, mobil, rumah, dan komunitas dengan layanan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com