Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota-Tesla Persiapkan RAV4 dan Lexus RX Elektrik

Kompas.com - 13/07/2010, 09:43 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Kerja sama Toyota dengan produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla Motors Inc, mulai memperlihatkan hasil. Disepakati, model RAV4 dan Lexus RX akan diproduksi dalam versi elektrik.

Pihak Tesla menyatakan, dua model prototipe akan dikirim ke Toyota bulan ini juga. Menurut sumber internal perusahaan, seperti dilansir Bloomberg, hari ini, pihak Toyota sebelumnya juga ingin mencoba baterai pada Corolla Altis. Namun, RAV4 dan RX lebih kompatibel dengan bobot baterai yang dimiliki Tesla sehingga keduanya dipilih.

Sebelumnya, Bos Toyota Motor Company Akio Toyoda mengatakan, kerja sama dengan Tesla menjadi salah satu agenda untuk mencapai teknologi terkini di sektor otomotif. Toyota juga mengucurkan Dana senilai 50 juta dollar AS untuk membeli saham Tesla pada awal bulan ini.

"Kami mencoba mengantisipasi akselerasi perkembangan kendaraan listrik di segmen ini," ujar Elon Musk, Chief Executive Officer Tesla, tanpa menjelaskan detail lebih lanjut.

Secara terpisah, juru bicara Toyota, Keisuke Kirimoto, juga masih menutup mulut. "Sampai saat ini belum ada keputusan terkait model yang akan dikembangkan ke arah kendaraan elektrik," ungkapnya.

Saat ini, Toyota juga bekerja sama dengan Panasonic untuk memproduksi baterai secara massal. Namun, bermitra dengan Tesla akan membuat produsen mobil terbesar di Jepang ini lebih mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing baterai untuk digunakan di produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com