Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Honda Indonesia Kibarkan Merah Putih di Jepang

Kompas.com - 10/06/2014, 09:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Suzuka, KompasOtomotif – Dua pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) kibarkan Merah Putih di ajang balap internasional, setelah berhasil meraih podium ketiga di Suzuka 2-Hour Asia Dream Endurance Race di sirkuit Suzuka, Jepang (8/6/2014). Melalui prestasinya ini, Andi Gilang yang berpasangan dengan Aditya Pangestu, membuktikan hasil pembinaan balap berjenjang yang dirancang AHM bagi para pebalap muda Indonesia membuahkan hasil signifikan.

Suzuka 2-Hour Asia Dream Endurance Race yang baru pertama kali digelar ini adalah balap yang menguji ketahanan kompetensi, mental, dan fisik para pebalap selama dua jam. Ajang ini diikuti 57 peserta dari delapan negara, yaitu Jepang, Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, India, China, dan Australia. Pebalap Indonesia yang menggunakan Honda CBR250R berhasil menuntaskan total 43 lap dengan waktu tempuh 2 jam 1 menit 36,703 detik.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra, mengatakan, prestasi ini sangat membanggakan bagi Indonesia. Melalui pembinaan balap berjenjang, perusahaan optimistis dapat mengantarkan pebalap Indonesia terus mengharumkan nama bangsa di kancah balap internasional.

AHM Pebalap Indonesia menggunakan Honda CBR250R nomor 113.

”Dukungan kami tidak hanya berhenti di ajang Suzuka 2-Hour Asia Dream Endurance Race. Kami akan terus menggembleng pebalap muda untuk mewujudkan mimpinya mengukir prestasi di berbagai ajang balap dunia lainnya,” tegas Indra.

Tahun lalu, dua pebalap Honda dari Indonesia juga telah unjuk kompetensi di ajang balap Endurance Race. Iswandi Muis bersama Dimas Ekky Pratama untuk pertama kalinya bertanding dalam balap bergengsi Suzuka 4-Hour Endurance, di Suzuka, Jepang dan langsung mengibarkan bendera Merah Putih di podium tertinggi.

Asia Road Race Championship
Selain berlaga di Suzuka, Andi Gilang dan Aditya Pangestu akan meneruskan pertarungannya di Asia Road Race Championship (ARRC), kelas Asia Dream Cup (ADC). Pada seri perdana ADC 2014 di Sepang, Malaysia (20/4/2014), dua pebalap ini berhasil masuk peringkat 6 besar hasil klasemen sementara. Aditya Pangestu meraih posisi ke-4 dan Andi Gilang berada di posisi 6. Bahkan pada race 1, Aditya Pangestu berhasil naik podium dengan meraih posisi ketiga.

”Prestasi pebalap Indonesia di seri perdana ADC menunjukkan awal yang baik. Kami berharap mereka dapat meneruskan kesuksesan pebalap Indonesia, Gerry Salim, yang tahun lalu meraih runner up pada puncak balap ADC 2013. Mohon dukungannya untuk para pebalap Indonesia di seri ADC berikutnya yang akan berlangsung minggu depan di Sentul, Indonesia, pada 15 Juni,” urai Indra.

AHM pun untuk pertama kalinya di ARRC menurunkan pebalap Indonesia di kelas supersport 600cc, yaitu Denny Triyugo dan Dimas Ekky Pratama dari tim Astra Honda Racing Team (AHRT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com