Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tulang Punggung Toyota di Indonesia

Kompas.com - 02/06/2014, 20:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif- Perjalanan merek Toyota di Indonesia tak lepas dari model MPV. Sukses menciptakan tren dengan Kijang -kini bertransformasi menjadi Innova- yang penjualannya sudah lebih dari 1,5 juta unit di Indonesia selama 36 tahun. Sukses lain diukir model selanjutnya, yaitu Avanza yang juga mengusung kkarakter MPV.

Keduanya mengiringi kisah sukses Toyota di Indonesia, yang akhirnya menancapkan image sebagai merek yang dicari, punya jaringan terluas, dan mudah perawatannya. Hal ini diakui Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Mamoru Akiyama, dalam peluncuran Avanza Luxury, Senin (2/6/2014), di Jakarta.

"Harus diakui, Toyota berkembang dan sukses di Indonesia karena salah satunya Avanza. Juga dengan model-model terdahulu seperti Kijang, diikuti model lain yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Setelah era Kijang, era Avanza pun lahir. Mobil ini benar-benar menciptakan tren baru untuk keluarga Indonesia. Dengan waktu lebih 10 tahun sejak pertama hadir pada 2003, mobil yang kerap disebut MPV sejuta umat itu sudah terjual 1.140.922 unit di Indonesia hingga sekarang.

Direktur Pemasaran TAM lainnya, Rahmat Samulo, mengatakan bahwa pencapaian itu merupakan rekor luar biasa yang membuat Avanza sangat fenomenal.

"Sebelum ada Avanza, pasar low MPV masih 300 ribu unit. Hadirnya Avanza langsung menyumbang 37 persen di pasar otomotif nasional. Segmen low MPV bahkan terdongkrak 187,21 persen dari 2003 ke 2004 silam," jelasnya.

Saat ini, kisah perjalanan Avanza masih berlanjut. Hadirnya kompetitor memang sedikit memukul penjualan Avanza, meski Samulo menepis bahwa penyusutan itu lebih karena pasar nasional yang tidak berkembang. Target penjualan masih di kisaran 14-15 ribu unit.

Begitu juga dengan Kijang. Bahkan kabarnya, TAM sudah menyiapkan generasi baru Kijang yang akan muncul tak lama lagi. Layak ditunggu kiprah Toyota selanjutnya di pasar MPV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com