Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michelin Penyuplai Tunggal Ban MotoGP Mulai 2016

Kompas.com - 25/05/2014, 16:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Clermont-Ferrand, KompasOtomotif - Produsen ban asal Perancis, Michelin, dinobatkan menjadi penyuplai tunggal buat kejuaraan dunia MotoGP mulai musim 2016. 

Michelin dipilih promotor MotoGP, Dorna, setelah aplikasi tender terbuka mulai digulirkan untuk menggantikan Bridgestone, yang menyatakan mundur selepas musim 2015. Produsen ban yang tertarik, diminta untuk mengajukan spesifikasi teknis ke Managing Director Dorna, Javier Alonso. Menurut Dorna, terdapat tiga perusahaan yang berminat, namun hanya Michelin yang mengajukan proposal resmi hingga batas waktu terakhir, 22 Mei 2014.  

Kontrak resmi masih dalam proses penjajakan hingga musim 2016 dimulai. Di tahun pertama, Michelin perlu menyesuaikan kebutuhan ban dengan regulasi baru, yakni pemakaian pelek berukuran 17 inci, lebih besar dari 16,5 inci yang sekarang digunakan di setiap motor balap MotoGP. Informasi tambahan, World Superbike Championship sudah mulai menggunakan regulasi itu sejak 2013.

“Kebijakan kami yang membawa teknologi dari trek ke jalan umum selaras dengan regulasi teknis yang baru, menggunakan pelek 17 inci pada 2016. Itulah kenapa Michelin memutuskan memajukan penawaran ke Dorna Sports. Kami berterima kasih karena memercayai keahlian Michelin mengamankan 26 biker memperebutkan gelar juara,” papar Pascal Couasnon, Director Michelin Motorsport. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com