Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda City Terbaru Dibanderol Mulai Rp 277 juta

Kompas.com - 24/04/2014, 13:06 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menyusul peluncuran di Thailand, Januari lalu, Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All-New City di Indonesia, Kamis (24/4/2014). Sedan subkompak generasi keempat ini tampil jauh berbeda dibanding pendahulunya, hampir sepenuhnya menjadi sosok baru.

Tomoki Uchida, President Director HPM, mengungkapkan, orientasi Honda kini ke model produksi massal, namun salah satu kekuatan dan reputasi selalu disumbangkan model sedan. Pembaruan All-New City mengusung konsep “Engineered to be Ahead”, dengan berbagai aplikasi terbaru yang merambah ke semua sektor.

Kebutuhan Tanah Air
Pemimpin proyek All-New City, Toshikazu Hirose, menjelaskan, masukan pengembangan juga diambil dari kebutuhan pasar Tanah Air. “Di Indonesia, City harus terlihat mobil yang mereperentasikan simbol dan status kesuksesan, pemilik harus bangga menggunakannya,” ucap Hirose saat peluncuran.

City terbaru mendapat banyak perubahan, terutama eksterior. Wajah depan agak sedikit menunduk untuk mendukung aerodinamis. Efek garis-garis tajam menegaskan kesan sporty. Bemper depan telah disematkan lampu kabut, yang merupakan fitur baru buat City. Meski tampil sporty, kesan elegan juga tidak ditanggalkan. Menampilkan desain baru pada gril, pelek, dan lampu belakang.

“Desain terbaru mengarah ke sporty, interior yang luas, dan efisiensi bahan bakar terbaik,” terang Hirose.

Konsep utama interior memberikan ruang pandang yang luas buat semua penumpang. “Sumbu roda lebih panjang tapi tetap menjaga dimensi segmen City. Tentu berpengaruh juga dengan luas interior,” imbuh Hirose.

Febri Ardani Mesin SOHC 1.5 liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm.

Mesin
Masih menggunakan jenis mesin yang sama, SOHC 1.5 liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm. Transmisi manual masih sama, namun yang terbaru ditawarkan transmisi CVT, dengan teknologi Earth Dreams. Dengan transmisi CVT, Hirose mengklaim bisa mencapai angka efisiensi 17,5 kpj.

Pengemudi juga semakin dimanjakan dengan tuas transmisi di balik kemudi (pedal shift). Kendali semakin mantap dengan Electronic Power Steering, dan paket suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang. Fitur baru, cruise control untuk perjalanan konstan di jalan lapang.

Febri Ardani Start/Stop Engine, layar sentuh pengaturan AC, dan tombol ECON mode.

Dengan berbagai perubahan All New Honda City ditawarkan dalam tiga tipe, S MT Rp 277 juta, S CVT Rp 287 juta, E MT Rp 290 juta, E CVT Rp 301 juta, dan yang tertinggi, ES CVT Rp 321 juta. Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service HPM mengatakan, hingga Desember nanti target total pemasaran mencapai 1.950 unit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com