Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Sponsor Resmi Liga Champions

Kompas.com - 07/04/2014, 18:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Reuters

London, KompasOtomotif – Nissan akan menjadi sponsor resmi Liga Champions Eropa mulai musim depan. Langkah tersebut menjadi ajang pembuktian produsen mobil Asia yang punya citra kuat di Eropa. Perusahaan aliansi dengan Renault itu akan menggantikan kesetiaan Ford yang sudah menjadi sponsor sejak musim 1992-1993. Kerjasama dilakukan sampai empat musim ke depan.

Dalam keterangan resmi yang dibeberkan Senin (7/4/2014), Nissan tak mau menyebut angka, namun disiratkan sangat besar. Meski informasi soal dana sponsorship ditutup rapat, berbagai media di Eropa memberitakan, dana yang digelontorkan sekitar 75 juta dollar AS atau setara Rp 847 miliar per musim!

Dana sebesar itu tentu diharapkan mendapat impresi lebih dari jutaan penggemar sepak bola. Nissan mengatakan, kompetisi sepak bola paling bergengsi di Eropa ini secara kumulatif ditonton lebih dari 4 miliar pasang mata, rata-rata dimulai sejak September hingga Mei tahun berikutnya. Tak hanya dari Eropa, penggemarnya juga besar di Asia dan Amerika Selatan.

”Kekuatan Liga Champions akan membawa kami menjangkau banyak orang di mana pun. Bagian terbesar dari kerjasama ini tentu untuk konsumen di Eropa, di mana kami berambisi menjadi merek Asia nomor satu,” tegas Roel de Vries, Nissan Global Head of Marketing, seperti dikutip Reuters.

Saat ini, Toyota masih menjadi merek asal Jepang nomor satu di Eropa, dengan pangsa pasar lebih dari 4 persen. Sementara Nissan dan Hyundai bertarung di posisi ke-2. Produsen mobil di Eropa dalam beberapa tahun terakhir terpukul akibat krisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com