Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi Global Merek China Makin Gencar

Kompas.com - 04/04/2014, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Beijing Automotive Group atau Beijing Automotive Industry Holding Co., Ltd., (BAIC), mengungkapkan keinginannya “membeli” merek level menengah-atas berkebangsaan Eropa atau Amerika Serikat demi mendongkrak strategi global.

Bos ekspansi internasional BAIC mengungkapkan, pernyataan itu lanjutan dari pemberitahuan sebelumnya oleh sang pemilik yang tengah mencari brand Eropa, tapi kemudian pencarian diperluas ke Amerika Serikat.

Dong, President of BAIC International Development Co, mengatakan, nama BAIC dirasa masih belum membahana di luar China, jadi mengakuisi merek asing dianggap jalan pintas. “Kami sudah punya kandidat,” katanya seperti dilansir Automotive News, Kamis (3/4/2014).

Rivalitas
Dijelaskan, tujuan utamanya bersaing dengan rival domestik, termasuk Dongfeng Motor, SAIC Motor Corp, dan FAW Group. Grup otomotif terbesar kelima di China ini telah membeli teknologi Saab (bekas dimiliki General Motor) empat tahun yang lalu. Juni 2013, unit global pun telah disiapkan.

Kiprah domestik, BAIC telah membeli dua merek lokal pada 2013. Pekan lalu, bersama Daimler, keduanya berinvestasi 5,51 miliar dollar untuk melipatgandakan produksi kendaraan pada 2015.

Agresif
Pergerakan perusahaan otomotif China ke cakupan internasional sangat agresif. Dalam negeri, pasar mobil penuh sesak, sementara badai kondisi perekonomian yang melanda Eropa dan AS menawarkan kesempatan pembelian.

Pekan lalu, Dongfeng membeli 14 persen saham PSA/Peugeot-Citroen, sementara bulan Maret lalu, Zhejiang Geely Holding Group (pemilik Volvo Cars), mengakuisisi pabrikan kendaraan listrik Emerald Automotive asal Inggris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com