Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emisi Kurang Baik, Merek China Kena Denda di AS

Kompas.com - 03/04/2014, 11:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

California, KompasOtomotif – American Lifan (AL), Importir sepeda motor China yang berbasis di Dallas, Amerika Serikat, harus membayar denda 630.000 dollar AS (Rp 7,1 miliar) kepada pemerintah. Hal ini disebabkan impor ilegal dan penjualan lebih dari 28.000 sepeda motor yang tak sesuai dengan standar emisi yang sudah ditetapkan federal.

Berdasarkan Environmental Protection Agency (EPA), AL mengimpor beraneka ragam kendaraan, mulai skuter, sportbike, kendaraan rekreasi, sampai mesin, semua dari China dan tidak sesuai dengan ketetapan emisi.

EPA menuduh, AL sudah menjual 6.700 kendaraan yang tidak punya sertifikat emisi standar, sekaligus tidak memberikan jaminan untuk konsumen soal ini. Lembaga pengawas lingkungan itu juga menemukan 45 sertifikat yang tidak sesuai dengan ketetapan, menimpa pada 21.000 kendaaran lainnya yang dijual sejak 2006 hingga 2011.

Anehnya, AL setuju memberikan semacam uang jaminan senilai 300 -500 ribu dollar AS (Rp 3,3-5,6 miliar) untuk mengantisipasi kemungkinan penalti pada model-model yang akan diimpor hingga 2016. Artinya, perusahaan tahu, model yang akan didatangkan juga tidak memenuhi standar emisi. EPA mengatakan inilah pertama kalinya importir kendaraan memberikan uang jaminan karena emisi di AS.

”Polusi dari kendaraan sangat mempengaruhi kesehatan lingkungan. Kami akan terus mengawasi para importir kendaraan untuk patuh terhadap aturan emisi demi menjaga warga Amerika akan polusi udara yang berlebihan,” ujar Cynthia Giles, Assistant Administrator Office EPA of Enforcement and Compliance Assurance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com