Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Wajah Baru Honda Brio

Kompas.com - 03/04/2014, 14:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Usia Honda Brio sudah hampir mencapai tiga tahun. Dugaan muncul wajah facelift pun menguat. Apalagi, petinggi Honda di India membocorkan bahwa model dengan permak wajah itu akan muncul, meski tak mau mengungkapkan soal waktu.

Rekayasa wajah pun bermunculan, terbaru ditampilkan Geijutsute (salah satu rumah desain di India), yang memperlihatkan wajah depan hatchback sub-kompak itu semakin gagah, dengan ”solid wing face”. Dibuatkan lubang angin yang cukup besar—seperti pada Honda New City—dan berhasil membuatnya lepas dari kesan kecil.

Tidak ada krom, semua garis pada gril dan lubang angin bemper dilabur hitam. Rupanya sang desainer ingin mengikuti aliran desain mobil-mobil Honda lain dengan gril gagah dan bemper yang juga mendukung kesan mewah.

Bagian samping dan belakang tidak ada perubahan. Desain yang disuguhkan masih mengadopsi facelift terakhir dari Honda Thailand dengan wiper kaca di belakang plus penyemprot air. Beberapa bahan plastik juga menutup ”kekurangan” penampilan kaca yang sangat lebar.

Secara mekanis, tidak ada pembaruan pada mesin. Mobil ini masih mengadopsi mesin 1.200cc 4-silinder i-VTEC bertenaga maksimal 88 PS dan torsi 109 Nm.

DI Indonesia, Brio masih menjadi salah satu andalan PT Honda Prospect Motor. Penjualan di dua bulan pertama 2014 berada di kisaran 3.200-an unit. Jika ditambah Brio Satya yang masuk ranah LCGC, total Brio bisa tembus 7.500-an unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com