Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesimpulan Akhir dari Kematian Paul Walker

Kompas.com - 27/03/2014, 14:19 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif — Setelah empat bulan penyelidikan mendalam terhadap kecelakaan yang menewaskan aktor Paul Walker, pihak berwenang akhirnya menyimpulkan bahwa peristiwa ini terjadi akibat kecepatan tinggi. Kecelakaan bukan akibat dari masalah teknis, seperti spekulasi yang berkembang belakangan ini.

Menurut laporan terakhir pihak berwenang, Porsche Carerra GT merah lansiran 2005 yang dikendarai Roger Rodas—teman mendiang Walker—tengah melaju dengan kecepatan 129-150 kpj. Pada waktu bersamaan, mobil kemudian menabrak tiang dan pohon. Fakta ini menyalahi aturan karena batas kecepatan yang ditetapkan di Santa Clarita, California, Los Angeles, hanya 72 kpj.

"Para investigator bersikeras mencari penyebab kecelakaan fatal tunggal. Hasilnya adalah kecepatan tinggi yang tidak aman untuk kondisi jalan yang ada," urai Mike Parker, Komandan Los Angeles County Sheriff, dalam pernyataan resminya, dilansir Inautonews, Rabu (26/3/2014).

Dijelaskan, kendaraan yang digunakan rekan korban juga sudah dimodifikasi untuk mendongkrak kecepatan. Tidak ada masalah teknis yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Para penyidik menggunakan rekaman video yang ada di lokasi untuk mengetahui hal ini.

"Tidak ada saksi mata yang dipanggil ke Departemen Los Angeles County Sheriff, dan tidak ada bukti atau indikasi adanya keterlibatan mobil kedua dalam kecelakaan. Tidak ada aksi balap-balapan yang berlangsung saat itu," tulis Parker.

Porsche
Menanggapi hasil investigasi ini, pihak Porsche menyatakan apresiasinya kepada pihak berwenang, yang sudah berhasil mengungkap fakta kecelakaan. Fakta bahwa kendaraan yang digunakan sudah dimodifikasi dari kondisi standar, dan kepastian tidak ada kerusakan mekanis pada kendaraan, membuat produsen mobil sport asal Jerman ini merasa lega.

"Bagi kami, hari itu begitu menyedihkan, siapa pun korban yang ada di dalam mobil kami. Itu adalah kecelakaan yang tragis," tulis Porsche.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com