Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Singkat Ford Fiesta EcoBoost 1.0L

Kompas.com - 24/02/2014, 18:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Sebelum peluncuran hatchback Fiesta EcoBoost 1.0 liter, bulan depan (Maret), Ford Motor Indonesia (FMI) menggelar sesi test drive kilat untuk kalangan media, di lapangan Sunburst BSD, Tangerang, Senin (24/2/2014). Tes berlangsung cepat dan sederhana, 42 awak media bergantian menjajal mesin yang telah mendapatkan pengakuan internasional pada 2012-2013 tersebut. Test kali ini hanya untuk merasakan kemampuan akselerasi  dan efisiensi bahan bakar.

Sebelum dimulai, Christian Abraham Gandawinata, Product Launch Manager FMI menjelaskan, teknologi EcoBoost 1.0 liter memiliki kemampuan setara dengan mesin 1.6 liter mesin konvensional. Sementara fitur Eco Mode bisa digunakan sebagai acuan berkendara optimal untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

“Teknologi EcoBoost 1.0 liter punya torsi 170 Nm mulai dari 1.700 rpm hingga 4.500 rpm, artinya tarikan awal pasti sangat terasa, mirip mesin diesel. Selain itu mesin ini juga mampu mengejar kecepatan maksimal seperti karakter mesin bensin,” urai Christian.

Ekonomis
Sesi  pertama, uji efisiensi. KompasOtomotif bersama satu instruktur dan dua rekan media lain. Sebelum menjelajah, Eco Mode diaktifkan, lalu mengemudi sejauh 7 km melewati rute yang telah ditentukan secara bergantian.

Fitur tersebut hanya sebatas memberikan informasi karakter pengemudi saat berkendara, tolok ukur berdasarkan bukaan gas. Perlu diketahui juga, pengukuran tidak real time, skor terbaik bila 5 lambang “kelopak bunga” terisi penuh, hasilnya bisa dilihat di layar monitor dashboard.

“Eco Mode bukan tombol sakti yang akan mengubah mobil menjadi super irit, tapi sistem ini mengimbau pengendara untuk terus fokus pada efisiensi berkendara,” jelas Christian. Meski singkat, sama sekali tidak terasa berkendara dengan mesin 3-silinder dari sisi suara dan getaran yang sangat minim terasa.

Akselerasi
Pengetesan berikutnya, akselerasi. Kali ini media secara bergantian menggeber mesin 3-silinder tersebut di lintasan lurus 335 m, kemudian melakukan pengereman saat mencapai 200 m. Saat pedal gas dibejek, mesin langsung merespon dengan baik. Butuh sekitar 9 detik, untuk melesat 100 kpj. Saat melakukan rem mendadak, teknologi ABS dan EBD bekerja dengan baik, membantu cengkraman ban di aspal.

“Sebenarnya tidak perlu banyak tenaga untuk mengerem, sekali sentuh mesin langsung merespon dengan engine brake,” ujar Gumgum Prijadi, Direktur Marketing FMI menambah penjelasan.

Fiesta adalah produk global, menurut Gumgum, tidak ada spesifikasi yang khusus dibedakan untuk Indonesia. Setiap konsumen yang memiliki mobil ini akan merasakan pengalaman berkendara seperti model yang dijual di negera-negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com