Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Dari India

Datsun India Mulai Produksi Go

Kompas.com - 04/02/2014, 07:42 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Chennai, KompasOtomotif - Datsun Indonesia bersiap menyambut kelahiran produknya dalam waktu dekat. Sebelum memulai produksi di tanah air, Datsun mengajak KompasOtomotif bersama dua media nasional lain menyaksikan langsung produksi massal perdana Go di pabrik Renault Nissan Automotive India Private Ltd (RNAI), Chennai, India, Selasa (4/2/2014).

"Kami ingin mambuktikan, kualitas manufaktur Datsun berstandar global. Terus mendorong meningkatkan lokalisasi untuk efisiensi sekaligus kualitas," jelas Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President saat mengunjung pabrik.

Di India, Datsun memproduksi Go mulai 31 Januari 2014 dalam jumlah terbatas, satu lini dengan Micra (March), Evalia, Sunny, Terrano dan Renault Pulse. Satu lini  mampu memproduksi berbagai jenis model tanpa harus mengubah struktur perakitan.

Basis Ekspor
Pabrik ini berkapasitas 400.000 unit (tanpa lembur) per tahun berdiri di area 640 hektar. Juga memproduksi Renault Koleos, Scala, Stile, Fluence dan Duster. Tahun lalu, RNAI berhasil memproduksi 578.852 unit. 219.370 unit untuk india dan ekspor 359.482

"Selain untuk pasar domestik India, juga diekspor ratusan ribu kendaraan setiap tahunnya ke 101 negara di seluruh dunia. Salah satunya, Dacia Duster ke Inggris," beber Toshihiko Sano, CEO sekaligus Managing Director RNAI.

Pabrik ini juga mengandalkan 237 perusahaan pemasok komponen lapis (tier) I untuk produksi. Untuk mobil Nissan dan Renault, dipasok oleh 115 perusahaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com