Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Klaim Focus Model Terlaris 2013

Kompas.com - 29/01/2014, 08:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber inautonews

Detroit, KompasOtomotif - Ford mengklaim, Focus model terlaris di dunia pada 2013. Menurut lembaga analisis otomotif global, R. L. Polk & Company, 856.587 unit Focus terjual dalam sembilan bulan pertama, naik 16,1 persen dari 2012. Jumlah itu terpaut 75 ribu unit dari pesaing terdekatnya, Toyota Corolla.

Ford menilai, status sebagai model paling diminati di China memberi andil besar Focus mengungguli Corolla. Di China, Focus terjual 303.000 unit dalam sembilan bulan pertama 2013.

“Kesuksesan Focus di dunia adalah kekuatan program One Ford. Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan mobil keluarga seperti Focus dengan menawarkan kualitas, hemat bahan bakar, keamanan tinggi, desain bagus dan memberi nilai tambah bagi konsumen,” jelas Jim Farley, Executive Vice President of Global Marketing, Sales and Service Ford, Selasa (28/1/2014). 

Ngotot
Tahun lalu kedua produsen mengaku punya model paling laris pada 2012. Kala itu Polk menyatakan Focus telah terjual 1,02 juta unit, sedangkan Corolla hanya 872.774 unit.

Namun Toyota menyangkal dengan mengatakan data yang digunakan tidak menghitung unit Corolla yang dijual di Jepang dengan nama Verso dan Eropa disebut Auris. Toyota ngotot Corolla paling banyak dijual sepanjang tahun. 

Tahun lalu, Mike Michels, Vice President, Corporate Communications Toyota Motor Sales AS menyebutkan, teknis penghitungan kemungkinan keliru karena tidak menambahkan 300.000 unit Corolla dengan nama lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com