Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba "Tukang Parkir" Pribadi Honda Odyssey

Kompas.com - 10/01/2014, 17:38 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif- Mobil dengan dimensi yang besar baik dari segi panjang dan lebar, tentunya punya PR khusus saat parkir. Sensor parkir cukup membantu namun masih menyisakan keraguan karena tidak dapat diinformasikan secara visual. Akan lebih mudah jika dilengkapi dengan kamera dan terdapat di area krusial (sudut, tengah dan samping). Seperti yang ditawarkan pada Honda Odyssey terbaru. Makin istimewa lagi MPV mewah ini punya "tukang parkir" pribadi yang memudahkan prosesnya.

Banyak kalangan beranggapan bahwa bantuan parkir otomatis (smart parking assist system) merupakan teknologi parkir yang bisa dilakukan sendiri tanpa interaksi dengan pengemudi. Padahal kelengkapan tersebut masih membutuhkan pengemudi untuk mengatur gas, rem dan posisi tuas pesnelling. Bedanya putaran setir sudah diatur oleh komputer berdasarkan masukan dari sensor.

Aris F. Harvenda Istirahatkan tangan dari lingkar kemudi, tinggal atur laju dan posisi tuas persnelling

Instruksi
Cara menggunakan pun tidak sulit, cukup ikuti instruksi yang tertera di monitor layar sentuh di tengah dasbor. Pandangan mobil terhadap area sekitar juga terlihat dari monitor tersebut hasil pantauan kamera. Saat hendak mencari area parkir, mulai aktifkan fitur tersebut yang tertera di menu. Lewat sensor dan kamera samping, pengemudi akan dipandu mencari area yang pas dengan dimensi Odyssey. Untuk memudahkan pencarian, lajukan mobil dengan perlahan. Perhatikan garis hijau yang ada di samping mobil untuk memastikan lokasi memang bisa dipakai.

Setelah benar benar pas dan dikonfirmasi oleh komputer, maka akan muncul menu lanjutan perihal posisi parkir, sebelah kiri atau kanan. Usai mengonfirmasi dengan memilih lokasi, secara tidak langsung mulai mengaktifkan proses parkir otomatis. Artinya, istirahatkan tangan dari lingkar kemudi, dan ikuti perintah dari monitor (maju, mundur dan rem). Agar lebih presisi proses maju atau mundur tak perlu menekan pedal, kaki cukup bersiap di pedal rem untuk menghentikan laju.

Aris F. Harvenda Beberapa menu sebagai panduan parkir. Dari kiri atas searah jarum jam; pemilihan menu, mencari area yang pas, memosisikan dalam kotak biru, posisi terakhir dalam area parkir

Kotak Biru
Langkah awal adalah memosisikan mobil di dalam area kotak berwarna biru yang tertera di monitor sebagai tujuan. Perintah maju atau mundur akan tertera di monitor dalam bahasa Indonesia. Penentuan kapan waktu berhenti akan dipandu dengan suara peringatan dari sensor parkir, dan bisa juga dilihat dari monitor.

Destinasi lokasi terakhir saat sudah berada di area parkir akan diinformasikan. Sekaligus tanda bahwa proses "parkir sendiri" telah usai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com