Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Trio Mesin Injeksi Langsung-Turbo Mulai 2014

Kompas.com - 23/12/2013, 15:38 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif


Mesin ber-cc makin kecil dengan teknologi bensin injeksi langsung, turbocharger dan gesekan komponen internal rendah, menjadi tren di kalangan produsen mobil di masa yang akan datang. Khusus untuk mesin 1,0 liter, 3-silinder, tidak hanya Ford yang akan berjalan sendirian, Honda juga sudah menyiapkannya.  

Bulan lalu, Honda Motor Co. Ltd.mengumumkan sedangkan menyiapkan 3 mesin injeksi langsung dan turbocharger yang digabungkan dengan VTEC (kini semua produsen menggunakan teknologi waktu buka-tutup dan tinggi katup yang bisa disetel ini dengan berbagai nama). Ketiga mesin baru ini berkapasitas 2,0 liter 4-silinder, 1,5 liter 4-silinder dan 1,0 liter 3-silinder.

Mesin tersebut akan menjadi keluarga baru “Earth Dream” label teknologi baru mesin Honda. Ketiga mesin akan digunakan untuk produk-produk global Honda yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Dari ketiga mesin, baru mesin versi 2,0 liter yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 280 PS dengan standar emsisi Euro 6 dan mulai digunakan tahun depan. Sedangkan untuk 1,5 dan 1,0 liter, Honda belum merilis detailnya. Begitu juga model-model yang akan menggunakannya.

Belajar dari Ford, kemungkinan besar, mesin 1,0 liter 3-silinder, akan menggantikan atau  alternatif mesin 1,5 liter yang digunakan pada  Jazz (Fit), Freed dan City. Sedangkan 1,5 liter pada Civic dan 2,0 liter untuk Accord dan CR-V dan Odyssey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com