Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia, Bentley New Continental GT Dijual Rp 6,5 Miliar

Kompas.com - 19/07/2011, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Produsen mobil supermewah asal Inggris, Bentley, makin serius membidik pasar Indonesia. Salah satu buktinya, hari ini, melalui agen tunggal pemegang merek PT Grandauto Dinamika, Bentley memasarkan New Continental GT, supersport car dengan harga Rp 6,5 miliar (on the road).

Menurut Darwin Maspolin, CEO PT Grandauto Dinamika, pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah memicu produsen barang mewah Inggris tersebut membidik pasar mobil di Tanah Air. New Continental GT yang dipasarkan sekarang merupakan generasi ke-2 dari Continental GT dengan karakteristik sport, tetapi tetap bisa digunakan buat keperluan sehari-hari.

"Mobil ini mengutamakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya. Kendati berkarakteristik sport dengan tenaga mesin sangat besar, mobil ini juga bisa digunakan buat keperluan sehari-hari," ucap Darwin.

Ditambahkan, orang muda yang sebelumnya suka mobil sport seperti Ferrari, begitu mereka berumur 40 tahun, akan memilih Bentley ini. "Itulah target pasar kami. Memang sangat sempit, tetapi tetap ada," ungkapnya.

Mesin W12 Bentley New Continental GT adalah kupe 2-pintu dengan 4-tempat duduk. Supersport ini menggunakan mesin W12, twinturbo, berkapasitas 6.000 cc, 4-nokken as (camshaft), dan 48 katup yang menghasilkan tenaga 567 PS @6.000 rpm dan torsi 700 Nm @1.700 rpm. Diklaim, mesin ini bisa menggunakan bahan bakar etanol E85.

Selanjutnya, untuk memindahkan tenaga mesin ke semua roda (all-wheel drive), New Continental GT ini dipasangi transmisi otomatik ZF 6-percepatan dengan teknologi Quickshift plus paddle shift di setir yang memudahkan pengemudi mengontrol transmisi dengan mudah.

Pembagian tenaga antara roda depan dan belakang 40: 60. Dengan spesifikasi tersebut, mobil supermewah yang menggunakan ban 275/40ZR20 (depan dan belakang, atau pilihan lain 275/35ZR21) ini bisa dikebut 0-100 km dalam waktu 4,6 detik dengan kecepatan tertinggi 318 km/jam.

Interior Bagian dalamnya menggunakan jok dengan desain yang disebut Cobra dan semua dikerjakan dengan tangan. Jok dan bagian dalam pintu dilapisi kulit yang enak dan lembut disentuh. Adapun sistem audio dirancang khusus oleh Naim dengan 11 speaker berdaya 1.100 watt.

Di bagian tengah dipasang layar LCD sentuh  8 inci yang bisa menayangkan gambar dengan kualitas tinggi, didukung harddisk 30 GB. Sistem hiburan bisa langsung dihubungkan langsung ke iPod, 6 CD changer, pembaca kartu memori SD, atau langsung dari harddisk yang bisa menyimpan lagu sampai 15 GB.

Untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas yang prima, Bentley memasangkan suspensi udara yang dengannya pengguna bisa mengatur ketinggian mobil secara otomatis.

Garansi 3 Tahun Kepada pemilik mobil ini, Bentley memberikan garansi 3 tahun dan servis gratis 3 tahun dari PT Grandauto Dinamika.

"Pemilik Bentley pasti punya mobil lain. Karena itu, kalau rusak, mereka mau menunggu 3 hari. Kita juga bisa mendapatkan suku cadang langsung dari Singapura untuk mempercepat perbaikan," lanjut Darwin. Adapun untuk mendapatkan unit, inden paling lama 6 bulan.

Salah satu pelanggan dan pencinta berat Bentley ternyata adalah pengacara kondang Hotma Sitompul. "Mobil ini lebih enak dikemudikan sendiri. Soalnya mobil sport," ungkap Hotma yang mengaku sudah punya mobil ini dan dipakai hanya pada hari Sabtu dan Minggu.

Dimensi (mm)
Panjang
4.806
Lebar (bodi ke bodi)
1.944
Lebar (dari spion ke spion)
2.227
Tinggi
1.404
Jarak sumbu roda
2.746
Kapasitas tangki
90 liter
Konsumsi bahan bakar - dalam kota
3,9 km per liter
                                        luar kota
8,7 km per liter

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com