Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Red Bull Start 1-2 di Silverstone, Hamilton ke-10

Kompas.com - 09/07/2011, 19:55 WIB

SILVERSTONE, KOMPAS.COM - Pebalap Mark Webber dari tim Red Bull Racing berhasil merebut posisi start terdepan GP F1 Inggris, Minggu (10/7). Dalam babak kualifikasi di sirkuit Silverstone, hari ini (9/7), ia menorehkan waktu tercebaiknya 1menit 30, 399 detik.

Hebatnya, di balapan seri 9 menempuh 51 lap di sirkuit sepanjang 5,141 km itu, dua mobil Red Bull berada di garis start terdepan. Sebastian Vettel menempati posisi start kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa performa RB7 masih tangguh dan sulit dibendung meski FIA sudah melarang penggunaan "off-throttle diffuser" yang jadi keunggulan Red Bull.

Balapan bakal berlangsung seru, apalagi besok kondisi trek kering. Karena di belakang Red Bull membayang kedua Ferrari 150 Italia yang di GP Inggris ini menunjukkan perkembangan baik. Seperti dibilang Fernando Alonso, ia hanya berharap ada kesalahan yang dilakukan Vettel.

Sementara pebalap tuan rumah Jenson Button harus puas di urutan kelima. Lebih parah, Lewis Hamilton. Andalan McLaren ini terpental di urutan ke-10 berada di belakang para rookie Pastor Maldonado (Williams), Kobayashi (Sauber) dan di Resta (Force India) yang menyodok di urutan keenam.

Kualifikasi 1 (Q1) : Duel sesama Reb Bull, turun hujan

Performa Red Bull Racing masih sulit dibendung, meski FIA sudah melarang pemakaian "off-throttle diffuser" di Silverstone ini. Buktinya, Vettel masih menjadi yang tercepat dalam latihan terakhir tadi pagi dengan mengukir waktu terbaik 1:31,401 detik. Tinggal sekarang, pebalap Jerman itu membuktikan kehebatan RB7 di sesi kualifikasi.

Ternyata, Webber dengan RB7 pembuka pertama peraih tercepat dengan 1:34,096 pada menit keempat. Namun tiga menit kemudian, catatan waktunya dipertajam oleh rekan setimnya Vettel menjadi 1: 33,532 dan Webber kembali membalas semenit kemudian dengan 1:33,044. Luar biasa, tanpa ada istirahat, Vettel yang masih di lintasan kembali tercepat dengan 1:32,977.

Masuk menit 14, hujan lebat membasahi lintasan. Untuk sementara Webber masih teratas dengan 1:32,670 dan Massa yang tampil dengan ban kompon keras (sebelum hujan) tercepat ketiga. Hujan telah menggangu konsentrasi pebalap dan tim yang di sesi ini dimanfaatkan untuk jajal jenis ban (bagi tim papan atas).

Para pebalap papan atas memilih mendekam di pit dan fokus untuk tampil di Q2. Nasib pebalap papan tengah dan bawah yang apes. Dalam kondisi trek basah sulit bisa mengukir waktu di bawah 1:33.

Nasib baik dialami Fernando Alonso. Ketika masuk lintasan di menit-menit awal, mobilnya masuk ke gravel. Beruntung, pebalap Spanyol itu luput dari kecelakaan. Tercepat direbut Webber diikuti Maldonado, Massa, dan Vettel.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com